6 Penyebab Badan Tidak Segar Saat Bangun Tidur Pagi, Salah Satunya Gadget

JABAR ESKPRES – Pernah mengalami kondisi sangat lunglai saat pagi hari, padahal tidur sudah cukup nyenyak. Hal ini banyak dialami oleh orang jaman now. Ada beberapa penyebab badan tidak segar saat bangun tidur di pagi hari.

Timbulnya masalah pada kesehatan bisa muncul dengan berbagai tanda, salah satunya merasa lelah dan lemas saat bangun pagi.

Hal ini ternyata ada penelitiannya, dan menemukan beberapa penyebab gangguan tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya kita akan bisa menghindarinya.

Baca juga : Kenapa Tenggorokan Terasa Sakit dan Gatal Setiap Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa penyebab badan tidak segar saat bangun tidur pagi :

1. Inersia tidur

Inersia tidur adalah salah satu kondisi otak yang sedang membutuhkan waktu untuk memproses secara bertahap transisi dari ketika kamu tidur hingga ‘terjaga’ secara penuh atau fully awaken.

Kamu perlu memberikan sekitar 15-60 menit untuk transisi ini. Tapi, tenang saja kondisi ini bisa dibilang merupakan bagian yang normal dari proses bangun tidur, kok.

Beberapa hal yang dapat memicu inersia, bangun tiba-tiba, memasang alarm lebih cepat dari biasanya hingga kerja dengan shift yang mengganggu ritme sirkadian tubuh (siklus bangun-tidur). Agar tidak berkelanjutan, coba perhatikan lagi kebiasaanmu, ya.

2. Lingkungan yang tidak nyaman

Apabila kondisi sekitar yang kurang nyaman, akan membuat kualitas tidurmu berkurang, sehingga tubuh akan terasa lelah saat bangun tidur.

Maka dari itu, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal ini untuk menjaga kenyamanan lingkunganmu sebelum tidur,seperti:
– Kasur
– Suhu kamar
– Suara keras

Baca juga : Kenapa Kita Tak Boleh Tidur Saat Pesawat Mau Lepas Landas? Ini Penjelasannya!

3. Konsumsi makanan dan minuman

Hal selanjutnya, yang perlu kamu perhatikan adalah makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum tidur.

Terutama bagi kamu yang suka minum coklat dan teh, sayangnya kamu perlu menghentikannya ya, Sahabat. Faktanya, serupa dengan kopi, coklat dan teh juga memiliki kandungan kafein yang dapat mengganggu kualitas tidurmu.

4. Paparan sinar biru

Apakah kamu salah satu orang sering bermain gadget sesaat sebelum tidur? Ternyata hal ini sangat berpengaruh untuk mengurangi kualitas tidurmu, lho.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan