Dekranasda Se-Jabar Ikut Serta dalam Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat 2024

KOTA BANDUNG – Event tahunan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) yang keenam kalinya kembali digelar tahun ini.

KKJ-PKJB 2024 yang merupakan sinergi Pemda Provinsi Jabar, Dekranasda Jabar dan Bank Indonesia Jabar akan digelar di Trans Convention Center dan Trans Studio Mall Bandung mulai tanggal 28-30 Juni 2024.

Kegiatan dengan tema “Sinergi Memperkuat Ekonomi Hijau, Keuangan Digital dan Inklusif serta Iklim Investasi untuk Kemandirian Ekonomi” tersebut akan menghadirkan berbagai produk kriya, fashion, kuliner, dan industri kreatif premium lainnya yang berasal dari 100 UMKM unggulan Jabar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Noneng Komara Nengsih menyampaikan bahwa sinergi event KKJ-PKJB 2024 ini digelar guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI), khususnya dalam rangka mendorong peningkatan daya saing UMKM kreatif di Jabar.

“Sebanyak 27 Dekranasda Kabupaten/Kota se-Jabar turut meramaikan kegiatan ini melalui fashion show bersama seluruh OPD Provinsi Jabar serta showcasing produk kreatif unggulan masing-masing wilayah,” ujar Noneng dalam Bewara Jawa Barat (BEJA) Vol. 6, di Kota Bandung, Sabtu (22/6/2024).

Showcasing produk unggulan daerah tersebut juga akan didorong hingga mendapatkan fasilitasi promosi perdagangan go digital go export melalui business matching dengan buyer potensial.

Lebih lanjut, setelah kegiatan showcasing di area KKJ-PKJB 2024 selesai, promosi hingga penjualan, termasuk transaksi produk UMKM Jabar tersebut juga masih tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com dan berbagai marketplace.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar menyampaikan bahwa gelaran KKJ-PKJB 2024 juga diarahkan agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung tak hanya ke Kota Bandung, namun juga berbagai destinasi menarik lainnya di Jabar.

Selain melalui berbagai atraksi dan hiburan yang disiapkan, di sisi pariwisata, KKJ-PKJB 2024 juga secara khusus menggelar West Java Tourism Talk (WJTT), talkshow interaktif yang akan membedah potensi dan tantangan pariwisata Jabar menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Selain itu, WJTT juga ditujukan untuk penyusunan peta jalan pengembangan destinasi wisata Jabar sebagai langkah nyata dalam mewujudkan Gernas BWI.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan