DPR Dukung RUU Kerjasama Pertahanan RI dengan 5 Negara untuk Terwujudnya Ketahanan Nasional

JABAR EKSPRES – Sembilan fraksi di Komisi I DPR menyatakan mendukung ratifikasi rancangan undang-undang (RUU) kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan lima negara yaitu Brasil, India, Kamboja, Paris, dan Uni Emirat Arab (UAE).

RUU kerja sama pertahanan tersebut dibahas dalam rapat Komisi I DPR RO bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu (19/6).

‘’Pembentukan kerja sama ini semakin penting dilakukan karena dapat meningkatkan ketahanan nasional Indonesia di tengah dunia yang semakin dipenuhi ketidakpastian, dan rivalitas geopolitik semakin tajam,’’ kata Menlu Retno usai pertemuan bersama Komisi I DPR.

BACA JUGA: Itjen Kemenag RI Audit Syariah di Baznas Jabar, Ini Hasilnya

Retno juga menjelaskan bahwa kerja sama pertahanan tersebut akan dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip yang dipegang Indonesia, antara lain, politik luar negeri bebas aktif.

‘’Dan saya tekankan bahwa kerja sama ini bukan merupakan pakta pertahanan atau aliansi militer, tetapi penguatan kerja sama dan confidence building measures dalam rangka turut menjaga integritas wilayah Republik Indonesia dan memperkuat pertahanan serta ikut menjaga perdamaian dunia,’’ tuturnya.

RUU tersebut disetujui oleh Sembilan fraksi di Komisi I, yaitu PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PKS, PAN, dan PPP.

BACA JUGA: Hanya Seremonial, Galeri Arsip Covid-19 Jabar Tak Kunjung Dibuka untuk Umum, Sudah Telan Anggaran Rp 1,1 Miliar

Kemudian, selanjutnya pemerintah dan DPR akan membentuk panitia kerja (panja) dan melanjutkan pembahasan RUU ke tahapan berikutnya yaitu paripurna.

Menlu Retno menjelaskan kerja sama pertahanan Indonesia dengan kelima negara tersebut akan mencakup, antara lain, pertukaran kunjungan, dialog, capacity building, kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerja sama tersebut juga membuka peluang Indonesia untuk melakukan joint development dan joint marketing produk industry pertahanan dengan beberapa negara.

BACA JUGA: Sinopsis Film Takers: Kisah Tentang Perampok Bank Profesional vs Detektif Cerdik

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan