108 Madrasah Swasta di Kota Bogor Terima Dana BOS, Pj Wali Kota Ingatkan Ini!

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor resmi menyerahkan dana hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp5,3 miliar kepada 108 madrasah swasta di Kota Bogor.

Penyerahan hibah BOS ini sebagai bentuk pelaksanaan Undang-Undang dan didasarkan kepada regulasi Peraturan Wali Kota Nomor 8 tahun tahun 2024 tentang Penggunaan Bantuan Hibah Bantuan Operasional Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar.

108 madrasah penerima hibah BOS terdiri dari 59 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan pagu anggaran sebesar Rp 2,9 miliar untuk 12.173 siswa, dengan masing-masing menerima Rp 230.000,-.

BACA JUGA: 5 Partai Besar di Bandung Barat Bentuk Koalisi, Usung Siapa?

Sementara untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 49 madrasah dengan pagu anggaran sebesar Rp2,4 miliar diberikan kepada 8.757 siswa, dengan besaran Rp 275.000,- per siswa.

Penyerahan dana tersebut dilakukan Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari kepada perwakilan MI dan MTs saat Sosialisasi Hibah Bantuan Operasional Sekolah (BOS) MI dan MTS Kota Bogor Tahun 2024 di Hotel Royal, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor pada Rabu, 19 Juni 2024.

Hery menekankan, penyaluran bantuan tersebut merupakan bagian dari pendampingan Pemkot Bogor terhadap satuan pendidikan, dalam hal pengelolaan dana yang dikelola oleh sekolah.

BACA JUGA: Aplikasi SIAP dan Akurat Diklaim Dishub Bandung Barat Bisa Tekan Angka Kecelakaan

Kepada para kepala sekolah maupun perwakilan MI maupun MTs, Hery mengingatkan bahwa dana tersebut bertujuan untuk meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat.

“Pemberian Hibah BOS ini bertujuan untuk membiayai kegiatan operasional pendidikan, meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat, pemerataan dan perluasan akses pendidikan di daerah dan mendorong sekolah untuk memenuhi standar nasional pendidikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Hery.

Hibah BOS bagi MI dan MTs diharapkan Hery mampu memberi dampak agar tidak ada anak yang putus sekolah dan memastikan agar seluruh warga Kota Bogor mengenyam pendidikan dan melek tentang baca, tulis, hitung (calistung).

“Saya berharap hibah BOS ini dikelola secara tertib, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab. Sehingga benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bogor,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan