3 Cara Menghilangkan Bau Kambing pada Masakan, Pakai Bumbu Dapur Ini Rahasianya!

JABAR EKSPRES – Berikut adalah cara menghilangkan bau daging kurban kambing yang dapat menjadi referensi bagi masakan Anda.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, banyak orang mulai mencari resep masakan berbahan dasar daging.

Beberapa mungkin merasa kesulitan saat mengolah daging kambing karena aromanya yang khas.

Meskipun ada yang tidak terganggu dengan bau tersebut, jika Anda ingin mengolah daging kambing menjadi hidangan lezat tanpa bau khas, berikut adalah informasi yang dapat Anda gunakan.

Dikutip dari Antara, Chef Devina Hermawan menjelaskan bagian daging kambing yang dekat tulang cenderung memiliki aroma lebih kuat, sedangkan bagian has dalam, paha, dan has luar memiliki aroma yang lebih ringan dan daging yang lebih lembut.

BACA JUGA: 5 Amalan Sunnah yang Meningkatkan Berkah Idul Adha

3 Cara Menghilangkan Bau Kambing

1. Rebus atau Lumuri dengan Tepung

Menurut Chef Devina Hermawan, menghilangkan bau daging kambung bisa dengan merebusnya atau lumuri dengan tepung sebelum dibilas untuk mengurangi bau.

2. Gunakan Bumbu Aromatik Kuat

Kemudian ia juga merekomendasikan, masak daging dengan bumbu aromatik seperti ketumbar, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan air perasan asam jawa atau jeruk nipi untuk bahan marinasi

3. Memasak Daging Dengan Nanas Atau Timun

Dilansir dari laman Dinkes Kabupaten Mojokerto, selain berfungsi sebagai bahan pengempuk, aroma kuat dari nanas dapat mengatasi bau amis pada daging.

Caranya, campurkan daging kambing dengan parutan nanas, remas perlahan, lalu diamkan beberapa saat.

Selain nanas, mentimun juga bisa digunakan dengan cara yang hampir sama. Getah pada mentimun dapat membantu mengurangi bau prengus pada daging kambing.

Air perasan jeruk nipis atau jeruk limau juga efektif untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan