Udara Segar, Forest Walk Babakan Siliwangi Masih jadi Spot Primadona Olahraga Akhir Pekan

Babakan Siliwangi (Baksil) adalah hutan kota yang berada di pusat Kota Bandung. Kelestarian kawasan itu terjaga, sehingga cukup jadi primadona untuk oleh raga di akhir pekan.

Hendrik Muchlison, Jabar Ekspres

Tepatnya di Kecamatan Coblong, lokasinya bersebrangan dengan Kampus ITB Bandung dan dekat dengan Kebun Binatang Bandung. Ketika akhir pekan, kawasan itu cukup ramai didatangi pengunjung.

Seperti pada Sabtu (15/6) misalnya, masyarakat berbagai usia nampak memadati kawasan dengan luas sekitar 3,8 hektar itu. Mereka datang sejak pagi, karena kebanyakan dari mereka melakukan olah raga.

Kawasan itu memiliki salah satu spot olah raga yang cukup unik dan menarik. Yakni Forest Walk. Jembatan yang dibangun mengelilingi kawasan hutan kota itu. Panjangnya sekitar 2,3 kilometer.

Jembatan dibangun beralaskan kayu dengan pagar besi di kanan dan kiri. Sehingga cukup aman untuk jogging meski ada di ketingian.

Udaranya sangat sejuk, sehinga sangat cocok untuk healing sekaligus berolah raga melepas penat hiruk pikuk perkotaan. Udara di kawasan itu cukup terjaga karena memang tumbuhan di lokasi itu dirawat agar tetap lestari. “Sering olahraga di sini ketika akhir pekan, enak sejuk udaranya,” kata Devi, salah satu mahasiswi yang tengah jogging di lokasi.

Ada sekitar 70 jenis flora dan fauna di kawasan itu. Sehingga juga cocok untuk tempat edukasi bagi anak guna mengenalkan aneka tumbuhan dan binatang.

Baru-baru ini, Pemkot Bandung juga telah memperbaiki sejumlah fasilitas di kawasan itu. Misalnya mengganti beberapa papan kayu forest walk yang telah lapuk. Termasuk menata area parkir.

Kawasan itu terbuka gratis untuk masyarakat. Di tempat itu juga tersedia sejumlah pedagang yang menjual aneka makanan maupun minuman bagi pengunjung yang lelah dan lapar selepas beraktivitas. Di salah satu sudut, juga disedikan tempat duduk yang nyaman. Masyarakat bisa bersantai di bawah rindangnya pepohonan. “Tadi bareng suami dan anak-anak, olahraga saja. Mumpung akhir pekan,” cetus Yunita, salah satu pengunjung.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan