Presiden Jokowi Pilih Pancasona dari Bandung Barat untuk Kurban

Jabar Ekspres – Presiden Joko Widodo Resmi membeli sapi bernama Pancasona dari peternak asal Kampung Babakan Cinta RT 01 RW 04 Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sapi jenis simental berbobot 1,28 ton dengan tinggi 168 centimeter itu dipilih Jokowi untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. Hewan ternak berusia 3 tahun dibeli Istana dengan harga Rp100 juta untuk disembelih jadi hewan kurban Jokowi di Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor.

“Kemarin saya tawarkan Rp105 juta, tapi dealnya Rp100 juta. Uang pembayaran untuk sapi dengan bobot 1,285 ton ini sudah masuk, hari ini rencananya di bawa ke Istana Bogor,” ujar pemilik sapi, Entang Sutanda (44), Sabtu (15/6/2024).

Jokowi membeli sapi miliknya tak serta merta, melainkan harus melalui seleksi. Menurut Entang, sejumlah peternak dari berbagai daerah pun ikut dalam seleksi tersebut.

Sapi yang ikut seleksi, lanjut dia harus memenuhi standar mulai dari berat badan, tinggi badan, serta kondisi sapi harus dipastikan sehat berdasarkan pemeriksaan cek darah, penyakit mulut dan kuku (PMK), dan Lumpy Skin Desease (LSD).

“Pemeriksaannya dilakukan sejak sebulan sebelumnya. Ada tiga tahapan pemeriksaan oleh dinas dan Kementerian. Alhamdulillah punya saya dinyatakan lolos dan sehat,” paparnya.

Entang menuturkan Pancasona awalnya dibesarkan hanya untuk kebutuhan kontes hewan ternak. Sehingga ia pilih sapi hasil kawin silang FH dan Simental agar memiliki badan gagah dan corak rupa yang cantik.

Namun, kesempatan ikut kontes selalu kandas karena beberapa kendala hingga akhirnya Entang memutuskan untuk mengikutkan ternak kesayangannya itu dalam seleksi hewan kurban Presiden.

“Saya beli sapi ini dari salah satu peternak di sini. Tadinya buat kontes ternak makanya bobotnya besar sekali. Belum sempat ikut kontes, kemarin ada tawaran ikut seleksi hewan kurban, jadi saya pilih itu kemudian lolos. Saya bangga karena sudah ikut dua kali seleksi gak lolos,” terangnya.

Terpisah, Plt Kepala Dispernakan KBB, Wiwin Apriyanti mengatakan di wilayah Bandung Barat ada dua sapi yang dipilih jadi hewan kurban Presiden Jokowi. Sapi pertama berasal dari peternak asal Cisarua dengan berat sapi 1,28 ton dan sapi kedua berasal dari peternak asal Lembang dengan berat 800 kilogram.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan