Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Banjar Ajak Insan Pers Bersinergi

JABAR EKSPRES – Sinergi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar dan jurnalis dalam Pilkada Banjar tahun 2024 dipandang sangat penting untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan transparan, akuntabel, dan penuh dengan informasi yang akurat, Jumat, (14/6/2024).

KPU sebagai lembaga penyelenggara Pilkada memiliki peran yang sangat vital dalam memberikan akses yang lebih baik kepada jurnalis untuk meliput setiap tahapan Pilkada.

Sementara jurnalis juga memiliki tanggung jawab besar untuk menyampaikan informasi dengan objektivitas dan akurasi guna memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh mantan komisioner KPU Provinsi Jawa Barat periode 2013-2023, Dr. Nina Yuningsih dalam acara Media Gathering Sosialisasi Tahapan Pilkada Kota Banjar tahun 2024 yang diadakan di Hotel Santika Kota Tasikmalaya pada Jumat, (14/6).

BACA JUGA:Soroti Potensi UMKM di Kota Bandung, Asep Mulyadi Sebut Ini sebagai Penggerak Ekonomi Lokal

“Kolaborasi antara media dan KPU dapat mencakup penyediaan informasi yang akurat, transparansi, serta kolaborasi dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih,” kata Nina Yuningsih.

Menurutnya, peran media sangat krusial dalam menyampaikan informasi terkait pemilu, mulai dari peraturan, calon, hingga proses pemungutan suara kepada masyarakat.

“Sementara KPU dapat memberikan akses lebih lanjut kepada media untuk meliput setiap kegiatan terkait pemilu dan memberikan klarifikasi ketika diperlukan,” ujarnya.

Ia berharap dengan kolaborasi yang baik, diharapkan pemahaman publik akan meningkat dan partisipasi dalam proses demokratis juga dapat terjaga.

“Dalam konteks sinergi antara KPU dan jurnalis, peran media massa tidak bisa dianggap remeh. Media massa memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas, sehingga informasi yang disampaikan haruslah akurat, objektif, dan tidak tendensius,” jelasnya.

BACA JUGA:TPA Sarimukti Tampung Ratusan Ton Sampah dari Sungai Citarum

Dengan demikian, tambah dia, kerja sama yang erat antara KPU dan jurnalis akan memberikan dampak yang positif dalam memastikan bahwa Pilkada Banjar tahun 2024 berjalan dengan lancar dan demokratis.

Selain itu, sinergi antara KPU dan jurnalis juga dapat mencakup upaya untuk meningkatkan literasi politik masyarakat. Dengan memberikan informasi yang akurat dan transparan, masyarakat dapat memahami betapa pentingnya partisipasi dalam proses demokratis, seperti Pilkada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan