KPK Tahan Satu Tersangka Baru Dugaan Kasus Korupsi di DJKA

Asep menjelaskan para tersangka dalam perkara ini juga melakukan pengaturan sehingga hanya rekanan tertentu yang bisa menjadi pemenang lelang atau pelaksana paket pekerjaan.

BACA JUGA: Nonton Bareng Film Lafran di Bandung, Begini Kata Ahmad Doli

Perlu diketahui bentuk pengaturan tersebut antara lain PPK akan memberikan harga perkiraan sendiri (HPS) kepada masing-masing rekanan dan memberikan arahan-arahan khusus seperti metode pekerjaan, alat dan dukungan terkait pekerjaan tersebut yang akan membuat rekanan tersebut menang.

PPK juga diketahui memberikan arahan kepada rekanan agar saling memberikan dukungan satu sama lain misalnya dengan ikut sebagai Perusahaan pendamping dan tidak saling bersaing karena sudah diberikan jatah masing-masing.

‘’Tersangka YO juga menambahkan syarat khusus pada saat lelang yang hanya dapat dipenuhi oleh calon yang akan dimenangkan,’’ kata Asep.

BACA JUGA: Review Poco M5s, HP Low Budget dengan Spek Gahar!

Kemudian atas bantuan tersebut, PPK termasuk Yofi akan menerima biaya dari rekanan yang dimenangkan dengan besaran 10 persen sampai 20 persen dari nilai paket pekerjaan yang diperuntukan.

Selain memberikan biaya untuk mendapatkan paket pekerjaan, rekanan  juga memberikan biaya agar proses pelaksanaan pekerjaan berjalan dengan lancar termasuk pencairan termin sehingga pemberian baiaya juga tetap dilakukan PPK pengganti yang menggantikan PPK awal mulai saat lelang paket pekerjaan tersebut.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka Yofi Oktarisza disangkakan Pasal 12 huruf a atau huruf b dan/atau Pasal 11 dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001.

BACA JUGA: Ini 5 Seblak Bandung Paling Laris dan Populer

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan