Saat Menjabat Jadi Wagub Sulsel, SYL Disebut Pernah Tolak Uang Satu Kardus

JABAR EKSPRES – Saksi meringankan (a de charge) kasus Menteri Pertanian (Mentan) periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL), Abdul Malik Faisal menyebut SYL pernah menolak uang dalam satu kardus saat menjawab sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003-2008.

Malik, yang saat ini menjadi Staf Ahli Gubernur Subbidang Hukum Pemerintah Provinsi Selatan tersebut, mengatakan peristiwa itu terjadi pada saat dirinya menjadi anak buah SYL, yakni Kepala Sekretariat Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

‘’Dengan adanya kejadian itu saya menganggap Pak SYL sangat punya integritas dan saya bersumpah demi Allah itu yang terjadi,’’ ujar Malik dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Tindak Pidana korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (10/6).

BACA JUGA: Resep Takoyaki Super Enak yang Wajib Kamu Coba di Rumah

Ia bercerita, kala itu dirinya sedang berada di depan kantor SYL dan ada tamu yang tidak diketahui identitasnya membawa kardus dan ingin bertemu SYL.

Saat SYL bertanya kepada Malik mengenai siapa orang yang datang dan apa yang dibawa, dia mengaku tidak mengetahui dan tidak memeriksa kardus tersebut.

Malik mengatakan setelah itu SYL mempersilakan tamu tersebut masuk dan setelah tamu keluar, kardus tersebut tidak dibawa tamu itu keluar.

BACA JUGA: Timwas Haji DPR Dorong Upaya Penggunaan Bahan Baku Lokal untuk Kebutuhan Jamaah Haji Indonesia

‘’Kemudian saya ditelepon Pak SYL dan saya masuk, bapak bilang bawa kardus ini, kejar orang itu, dan sampaikan terima kasih,’’ ucap dia.

Malik pun kemudian mengejar tamu itu dan mengembalikan kardus berisi uang tersebut dan menyampaikan bahwa SYL tidak berkenan menerima uang itu dan menyampaikan terima kasih.

‘’Itu Pelajaran luar biasa yang saya dapat karena pada saat saya kembali, saya tanya ke Pak SYL kenapa tidak ambil sedikit uangnya. Lalu dia bilang, Malik, jangan harga dirimu hilang gara-gara uang, jangan kau terhina gara-gara uang,’’ tuturnya.

BACA JUGA: Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 Kapan Cair? Cek Informasinya Disini

Malik menjadi saksi meringankan dalam sidang kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan