Pilwalkot 2024: Dari Maskot, Jingle, hingga Harapan KPU Kota Bandung

JABAR EKSPRES –  Kendati gelaran Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) masih lumayan jauh, yakni November 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung tengah bersiap dan sudah meluncurkan tahapan Pilwakot ini.

Pada kesempatan tersebut, KPU Kota Bandung juga secara resmi meluncurkan maskot dan jingle Pilwalkot 2024. Diketahui bahwa maskot Pilwalkot 2024 itu diberi nama Baraya. Akronim dari Bara dan Aya.

Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Prihadianti meminta, masyarakat Kota Bandung dapat mengikuti Pilwalkot 2024 dengan sukacita dan penuh kebahagiaan. Termasuk penyelenggaraan Pilkada/Pilwalkot 2024 harus berlangsung demokratis.

BACA JUGA: Sekda Herman Suryatman Dorong Investasi Berdampak Nyata terhadap Kesejahteraan Masyarakat Jabar

Menurutnya, gelaran Pilwakot mesti berjalan dengan mengedepankan asas Luber dan Jurdil. “Jadikan proses ini sebagai perayaan demokrasi. Tidak hanya memilih pemimpin, melainkan juga implementasi dari demokrasi itu sendiri,” jelas Wenti diterima Jabar Ekspres, Senin (10/6).

Kembali mengenai maskot Pilwalkot. Bara dan Aya memiliki makna Bandung Kasih Suara (Bara) dan Akur Sadayana (Aya). Sementara itu burung kicau cangkurileung (burung kutilang) sebagai ikonnya, memiliki arti kebebasan.

Artinya, masyarakat diberi kebebasan memilih pemimpin Kota Bandung 5 tahun ke depan sesuai hati nurani. “Saatnya kita bersatu kembali dalam konteks kebangsaan. Kepentingan kita menjaga negara ini, dan wilayah kita, Kota Bandung,” tandasnya.

BACA JUGA: Kapan Aplikasi SKY Akan Scam? Ini Dia Cara Kerja Modus Penipuannya

Selain maskot Pilwalkot, KPU Kota Bandung juga meluncurkan jingle untuk Pilwalkot 2024. Seniman dan musisi Doel Sumbang digandeng untuk menulis dan menyanyikan jingle ini.

Bersamaan, Komisioner KPU Jawa Barat, Hedi Ardia menambahkan, KPU saat ini punya tantangan besar untuk menjaga tren partisipasi pemilih di Pilwalkot agar tidak mengalami penurunan dibandingkan era Pilpres.

“Kita perlu menyadari fungsi kita mempromosikan dan membranding kegiatan Pemilu/Pilkada. Kita dorong publik untuk hadir ke TPS tanggal 27 November nanti,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan