Perkuat Jaringan Bisnis Antar Negara, PCINU Jepang Rintis Perusahaan Milik NU

JABAREKSPRES – Setelah sukses meresmikan Pesantren NU pertama di Jepang pada Mei lalu, Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jepang kembali melakukan inovasi kegiatan di Jepang dengan merintis Badan Usaha Milik NU (BUMNU) dan mendirikan perusahaan Nine Stars.

Untuk memperluas jaringan bisnis, Nine Stars menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren) di Shiodome, Minato, Tokyo Jepang, Rabu 5 Juni 2024.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Nine Stars Co. Ltd Ismail dan Wakil Ketua Umum Hebitren KH Abdul Hamid Wahid.

Penandatanganan dokumen MoU itu disaksikan oleh Duta Besar LBBP Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, dan Senior Advisor Nine Stars Co. Ltd Yoshiharu YAMADA.

Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang, Achmad Gazali berharap kerjasama ini dapat membantu kegiatan dakwah NU di Jepang.

“Beberapa bidang kerjasama yang akan dilakukan untuk memperkuat jaringan bisnis dan kerjasama antar negara di antaranya ekspor impor berbagai produk dari para pihak. Pelatihan bisnis dan penguasaan teknologi sumber daya manusia yang terafiliasi dengan para pihak. Pengiriman pekerja migran dari para pihak. Pertukaran informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dari para pihak dan pelaksanakan kegiatan-kegiatan lain yang disepakati bersama oleh para pihak,” terang Achmad Gazali.

Sementara itu, Direktur Nine Stars Co. Ltd., Ismail mengatakan, bahwa tujuan Nine Stars bekerja sama dengan pihak Hebitren adalah untuk memperkuat  perdagangan produk dan jasa, pertukaran ilmu dan tehnologi serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang terafiliasi dengan para pihak.

Sedangkan Wakil Ketua Umum Hebitren KH Abdul Hamid Wahid berharap kerjasama ini dapat memperkuat jaringan bisnis.

Sebagai informasi Hebitren merupakan Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren yang menjadi sebuah wadah penguatan kemandirian pesantren yang ditujukan untuk mendorong akselerasi penguatan ekonomi dari unit usaha yang ada di pondok pesantren, yang berkedudukan di Jalan Raya Dewi Sartika No. 323-A, Cawang, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13630.

Adapun Nine Stars Co. Ltd., merupakan sebuah perusahaan yang terdaftar di Jepang dan beralamat di 931-1 Higashiyamata, Kota Koga, Provinsi Ibaraki, Jepang, 306- 0112. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan