Qurban, Ibadah Setahun Sekali Dengan Pahala Besar, Sayang Untuk Dilewatkan

JABAR EKSPRES – Ibadah Qurban hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Ibadah yang satu ini memili pahala yang luar biasa besar, karenanya sangat sayang bila dalam satu tahun sampai terlewatkan.

Bagi yang sudah menyadari dan merasakan dahsyatnya pahala berqurban, pasti akan berusaha sebisa mungkin untuk berqurban, bahkan ada yang sengaja menabung selama setahun khusus untuk tabungan qurban.

Apalagi banyak kemudahan yang Allah berikan bagi hambanya yang ingin berqurban.

Ibadah Qurban sangat jelas diperintahkan oleh Allah SWT dalam firman-Nya,

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).

Baca juga : Bolehkan Qurban Atas Nama Orang yang Sudah Meninggal?

Berikut keutamaan dan pahala yang Allah janjikan bagi hambanya yang berqurban:

1. Amalan yang paling dicintai Allah di hari raya idul adha

Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda, “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR Tirmidzi).

2. Hewan qurban sebagai Saksi di Hari Kiamat

Rasulullah telah bersabda dalam sambungan hadis yang diriwayatkan Aisyah: “Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Menurut Tirmidzi hadis tersebut hasan, sedangkan Hakim berpendapat bahwa isnadnya shahih. Sebagian ulama mengatakan isnadnya lemah. Namun karena hadis tersebut mengandung ajaran tentang keutamaan qurban, hadis tersebut tidak tercela.

3. Meningkatkan Ketakwaan

Ibadah kurban adalah salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana halnya ibadah shalat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan