Wacana Revitalisasi Pasar Parakanmuncang Makin Hangat, IKWAPA Minta Penegak Hukum Pasang Mata 

JABAR EKSPRES – Ikatan Warga Pasar (IKWAPA) Parakanmuncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang meminta, agar pihak penegak hukum memasang mata terhadap kejadian-kejadian ‘penjegalan’ dan ‘penelikungan’ yang terjadi belum lama ini.

Hal itu diutarakan karena saat ini, revitalisasi Pasar Parakanmuncang tengah jadi sorotan. Pihak IKWAPA menolak jika dilakukan oleh investor atau pihak swasta, namun menerima perbaikan jika dilakukan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta APBN.

Ketua IKWAPA Parakanmuncang, Oso Suryana mengatakan, agar pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) khususnya Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli untuk bertabayyun alias mengecek secara pasti terhadap informasi terkait pasar yang berdiri di Kecamatan Cimanggung itu.

“Jangan ada pihak yang dirugikan. Diminta pengamanannya, jangan sampai ada kecurangan. Ada forum warga yang baru, tanyalah ke warga pasar betul enggak forum itu?,” katanya kepada Jabar Ekspres, Selasa (28/5).

Oso mengungkapkan, sejauh ini memang ada pihak-pihak lain yang menyusup ke dalam Pasar Parakanmuncang. Adapun dugaan sementara, hal itu merupakan bagian yang dilakukan dari investor.

“Mereka tidak melakukan intimidasi, hanya menakut-nakuti bahwa nanti kios warga hangus,” ungkapnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Puluhan Reklame Tak Berizin dan Ganggu Ketertiban di Kota Bogor Mulai Ditertibkan

Oso memohon, agar pihak Polres Sumedang juga Kejaksaan Negeri Sumedang dapat memberikan perhatian, terkait isu revitalisasi Pasar Parakanmuncang.

“Kalau perlakuan intimidasi tidak ada, tapi ke warga ada yang mengajak-ajak, merayu untuk beli kios dan sebagainya,” bebernya.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, pihak Pemkab Sumedang sempat mengklaim bahwa rencana revitalisasi Pasar Parakanmuncang siap direalisasikan.

Bahkan, Pj Bupati Sumedang, Yudia Ramli menyatakan, warga khususnya pedagang pasar telah menyetujui pembangunan, baik dilakukan menggunakan APBD maupun lewat pihak swasta.

“Masyarakat di sana, khususnya pedagang memberikan pernyataaan dengan menggunakan materai yang menyatakan kesediaannya untuk dibangun. Kalaupun itu oleh swasta, mereka bersedia membayar,” ujar Pj Bupati Sumedang.

BACA JUGA: Memasuki Hari Kedua, Ratusan Pencari Kerja Padati Job Fair Bandung Barat

Adapun pihak swasta yang diketahui saat ini siap melakukan revitalisasi, yakni PT KIM Indah Mandiri yang dikabarkan akan melakukan revitalisasi Pasar Parakanmuncang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan