8 Cara Alami Atasi Peradangan Wasir saat Kambuh Tanpa Harus ke Dokter

JABAR EKSPRES – Salah satu penyakit yang banyak membuat orang merasa malu adalah wasir, karenanya banyak yang menyembunyikan penyakit ini, parahnya sampai malu untuk berobat.

Padahal saat penyakit wasir atau hemoroid kambuh,  terjadi peradangan yang akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa hingga membuat penderitanya tidak nyaman.

Ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit saat wasir kambuh tanpa harus ke dokter, namun sebelumnya perlu kita tahu dulu, kenapa penyakit yang satu ini bisa muncul.

Wasir atau juga dikenal dengan nama ambien adalah kondisi di mana pembuluh darah di sekitar anus atau rektum membengkak dan meradang. Hal ini membuat aktifitas bisa terganggu dan rasa tidak nyaman disekitar lokasi peradangan.

Beberapa obat alami dan cara untuk membantu meredakan gejala wasir meliputi:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Oleskan gel lidah buaya langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan iritasi dan bengkak.

Baca juga : Atasi Nyeri Wasir Dengan Daun Handeleum, Begini Caranya

2. Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa murni pada area wasir beberapa kali sehari. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi gejala.

3. Cuka Apel

Rendam kapas dalam cuka apel yang diencerkan (campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 1:1) dan tempelkan pada area yang terkena selama beberapa menit. Lakukan ini beberapa kali sehari. Cuka apel dapat membantu mengurangi gatal dan iritasi.

4. Kompres Dingin

Bungkus es batu dengan kain bersih dan tempelkan pada area wasir selama 15-20 menit beberapa kali sehari. Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

5. Serat dan Air

Konsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit. Pastikan juga untuk minum banyak air setiap hari. Serat dan hidrasi yang cukup dapat membantu mencegah pembentukan wasir lebih lanjut.

6. Witch Hazel

Gunakan kapas yang sudah direndam dalam witch hazel dan tempelkan pada area wasir selama beberapa menit beberapa kali sehari. Witch hazel memiliki sifat astringen dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan