Atasi Nyeri Wasir Dengan Daun Handeleum, Begini Caranya

Nyeri wasir atau ambein saat kambuh, akan sangat mengganggu penderitanya. Nyeri ini disebabkan karena suplay darah tidak lancar, dan terjadi penumpukan darah di pembuluh darah sekitar rektum.

Untuk mengatasinya, banyak cara yang bisa dilakukan, selain penanganan medis, bisa juga dengan pengobatan alami menggunakan tanaman-tanaman herbal.

Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah ramuan daun handeleum dengan kunyit. Daun Handeleum yang di beberapa daerah juga dikenal dengan daun ungu, atau disekitar Sumatera disebut puding merah ini, memiliki banyak kandungan didalamnya, yakni Steroid, Tanin, Glikosid, Flavonoid, Alkaloid non-toksik, Kalsium oksalat, Saponon, Lemak, dan Asam Format.

Dari kandungannya tersebut, membuat daun handeleum memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk mengobati wasir. Selain itu juga bisa digunakan untuk peluruh kencing, pelembut kulit kaki, obat bisul, melunakkan feses dan pencahar ringan.

Tumbuhan yang mudah ditemukan dipedesaan ini sering dijadikan hiasan, atau banyak juga dijadikan sebagai pagar rumah. Karena tumbuhan ini mampu tumbuh hingga 2,5 meter. Dengan karakteristik bunga berwarna merah muda dan daun serta batangnya berwarna ungu.

Cara Pembuatan ramuan daun handeleum dan kunyit, untuk mengurangi peradangan saat wasir ini cukup mudah dan sederhana.

Cukup ambil 7 lembar daun handeleum, dicampur dengan kunyit yang sudah dikupas, dan dicuci bersih sebanyak 2 ruas jari, kemudian potong-potong kecil kunyit. Setelah semua bahan lengkap, rebus ramuan tersebut dengan 4 gelas air. Saat mendidih, cukup kecilkan api dan tunggu hingga menyisakan sekitar 2 gelas air saja. Matikan api, sajikan dalam dua gelas yang berbeda. Satu gelas dikonsumsi saat pagi hari dan satu gelas lagi untuk malam hari. Lakukan rutin hingga radang mengempis dan menghilang rasa sakitnya.

Rasa dan aroma ramuan ini tidak kuat, bahkan yang sudah terbiasa minum, mengatakan rasanya tawar. Makanya sebagian orang menambahkan madu untuk menambah rasa dan menambah khasiatnya, karena madu dan kunyit adalah anti oksidan alami untuk tubuh. (ritaJE)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan