Tanggapi Pidato Megawati di Rakernas PDIP, Pengamat: Belum Tentu Jadi Oposisi Prabowo!

JABAR EKSPRES – Pengamat politik sekaligus direktur eksekutif Survei dan Poling Indonesia, Igor Dirgantara menilai bahwa pidato yang disampaikan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dalam gelaran rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP belum bisa dikatakan akan menjadi oposisi pemerintah selama lima tahun mendatang, hal itu disampaikan Igor pada Jumat (24/5/2024).

Menurutnya, pidato yang disampaikan oleh putri dari presiden pertama Republik Indonesia itu tidak dimaksudkan untuk menunjukan posisi PDIP sebagai oposisi di pemerintahan mendatang, melainkan merupakan respons dan kritik terhdap jalannya pemerintahan yang sedang terselenggara saat ini.

“Sudah jelas tidak menentukan posisi PDIP itu juga oposisi atau enggak, belum. Jadi, jawabannya itu belum tentu,” ujarnya di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

BACA JUGA:Jerman Siap Tangkap Netanyahu Jika ICC Keluarkan Surat Perintah

Hal tersebut dikarenakan pemerintahan Prabowo Subianto baru dibentuk pada Oktober mendatang setelah resmi dilantik sebagai Prediden Republik Indonesia.

Sementara itu, Igor menyatakan bahwa PDIP berpotensi menjadi oposisi, namun tidak menutup kemungkinan partai berlogo banteng itu bisa bergabung dengan pemerintahan.

Menurutnya, pada Kongres PDIP mendatang partai pengusung Presiden Joko Widodo selama dua periode berturut-turut tersebut akan lebih tegas menentukan posisinya.

BACA JUGA:UPDATE Buka Tutup Jalur Puncak Sabtu Pagi, 25 Mei 2024, Ada One Way?

Sebab menurutnya, sejauh ini Ketua Umum PDIP tersebut diketahui tidak memiliki permasalahan dengan calon presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Selajutnya Igor meyakini hal tersebut karena Prabowo pun dalam agendanya saat ini mengusung rekonsiliasi demi persatuan nasional.

Dirinya menyebutkan bahwa menurut penuturan beberapa petinggi partai tersebut menyampaikan bahwa rakernas kemarin sama sekali tidak membahas atau pun memutuskan posisi PDIP di pemerintahan.

Sementara itu berkaitan dengan langkah yang akan diambil Megawati dan rekan-rekan nantinya akan dibahas dalam Kongres PDI Perjuangan selanjutnya, tentunya juga membahas mengenai posisi mereka di pemerintahan mendatang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan