Jalan Pembangunan Berbasis Sains dan Teknologi untuk Mencapai Era Indonesia Emas 2045

Penulis: R. Yunandar R.E.P., ST, ME
Ketua Panitia Khusus Penyusunan Peraturan Daerah Jawa Barat tentang Penyelenggaraan Riset dan Inovasi.

DPRD Provinsi Jawa Barat sejak tanggal 30 April 2024 membentuk satu panitia khusus yang bertugas untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Jawa Barat tentang Penyelenggaraan Riset dan Inovasi, yang setahun sebelumnya diusulkan sebagai salah satu raperda inisiatif dari anggota DPRD Jawa Barat, yang salah satu pengusulnya adalah Penulis artikel ini.

Sesuai tujuannya Raperda ini disusun dengan maksud mengelola dan memfasilitasi setiap program dan kegiatan yang berkaitan dengan penelitian hingga penerapan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang dinilai penting serta strategis bagi pembangunan di Jawa Barat.

Poin utama yang tersurat melalui Perda ini, nanti apabila sudah diundangkan, adalah penerapan proses dan hasil riset menjadi inovasi di setiap perangkat daerah di Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Dengan demikian Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berperan sebagai pengguna utama selain sebagai fasilitator dan dipihak lain lembaga riset dari perguruan tinggi serta institusi lainnya bisa menjadi penyedia jasa riset sekaligus pelaksana program pemerintah.

Dua tahun lalu Badan Perencanaan Pembangunan Jawa Barat memperkenalkan suatu strategi inovasi pembangunan sebagai bagian dari penerapan konsep pentahelix, yaitu melalui program hibah kompetitif yang bisa diikuti atau dijalankan oleh lembaga-lembaga berbadan hukum di wilayah Jawa Barat. Perguruan tinggi, yayasan, perkumpulan, koperasi hingga lembaga vertikal bisa menjadi bagian dari program hibah kompetitif ini. Melalui inovasi hibah kompetitif inilah fasilitasi riset dan inovasi dari institusi diluar Pemprov Jawa Barat akan dijalankan atas dasar klausul dalam Perda Penyelenggaraan Riset dan Inovasi.

Melihat masa depan berdasarkan kemajuan dan kesejahteraan suatu negara sesungguhnya bisa secara faktual dan konseptual dilakukan melalui benchmark kepada negara-negara yang sudah lebih dahulu mencapai kesejahteraan dan kemajuan tersebut. Termasuk di dalamnya belajar proses yang dilalui bagaimana pencapaian kesejahteraan dan kemajuan tersebut bisa dicapai. Dan faktanya semua negara maju dan sejahtera dimuka bumi saat ini melaluinya dengan melibatkan dan menggunakan jalan pembangunan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan menjadi inovasi diberbagai bidang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan