TB Hasanuddin Soroti Dampak Pengoperasian Starlink di Indonesia

JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin angkat bicara terkait dengan layanan internet Starlink yang kini secara resmi masuk Indonesia.

Hasanuddin mempertanyakan keamanan layanan internet milik Elon Musk ini.

“Harus dipastikan soal keamanan penggunaan Starlink di Indonesia, jangan sampai menjadi bumerang untuk Indonesia,” kata Hasanuddin saat dikonfirmasi awak media, Rabu 22 Mei 2024.

Hasanuddin mengungkapkan, selama ini seluruh lalu lintas internet yang ada di Indonesia dapat dikendalikan oleh Kominfo karena menggunakan satelit milik Tanah Air kita.

Sementara Starlink, kata dia, menggunakan satelit rendah milik Space X atau asing dan untuk mengoperasikannya menggunakan antene di rumah masing-masing.

“Sehingga ketika seseorang menggunakan internet maka lalu lintas dari handphone dengan antena-antena  dari satelit milik Starlink itu bebas tanpa kontrol. Ini cukup riskan dan berbahaya,” cetus Hasanuddin.

Selain itu, Hasanuddin juga menyoroti terkait nomor pengenal saat perangkat terhubung internet atau Internet Protocol Address (IP Address).

DPR, kata dia, masih mengkaji dampak masuknya Starlink dengan pakar-pakar teknologi.

“Nah kita masih mengkaji juga. Apalagi yang menjadi pertanyaan apakah Starlink ini sudah memenuhi standar IP Address Indonesia atau belum. Karena kalau belum ini sangat membahayakan bila dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab seperti separatis, teroris atau untuk praktek kejahatan. Ini sulit dideteksi,” pungkasnya.

Diketahui jaringan internet satelit Starlink milik CEO SpaceX Elon Musk sudah resmi diluncurkan di Indonesia pada Minggu (19/5) tepatnya di Puskesmas Pembantu Sumerta Klod, Denpasar, Bali  yang memiliki keterbatasan akses internet.

Pemasangan layanan Starlink juga dilakukan di Kepulauan Aru, Maluku. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan