Hadirkan Solusi Digital, Pemkab Bandung Luncurkan Program Bewara DS di 280 Lokasi Wifi Gratis

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten Bandung memulai langkah signifikan menuju transformasi digital dengan meluncurkan program Bewara DS (Bedas WiFi Sarerea Digital Service), sebuah layanan internet publik gratis yang kini terpasang di 270 desa dan 10 kelurahan.

Bupati Dadang Supriatna menegaskan bahwa program Bewara DS merupakan inisiatif luar biasa dari Kominfo Kabupaten Bandung untuk menghadirkan layanan internet publik gratis bagi masyarakat, terutama di daerah yang selama ini mengalami keterbatasan akses internet.

“Bewara DS ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama untuk menunjang belajar anak-anak kita. Ini juga salah satu upaya kita untuk menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Dadang di Soreang, Kamis (23/5/2024).

Dadang menjelaskan, Program Bewara DS ini, menjadi solusi yang sangat dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Bandung.

BACA JUGA: IMI Jabar Dorong Pemerintah Bangun Sirkuit Resmi untuk Mengatasi Balapan Liar

Dengan akses internet yang lebih mudah, masyarakat di desa-desa pelosok seperti Rancabali dan Kertasari dapat merasakan manfaat besar dari program ini.

“Kita ingin memastikan bahwa semua lapisan masyarakat, termasuk yang di daerah pelosok, dapat mengakses informasi dan pendidikan yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Fasilitas WiFi gratis ini dipasang di berbagai lokasi strategis di setiap desa dan kelurahan, seperti taman, kantor posyandu, pasar, dan area publik lainnya yang mudah diakses masyarakat.

Kang DS sapaan akrabnya, berharap program ini dapat menjadi tonggak awal bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Bandung.

“Dengan akses internet yang lebih mudah, diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi, pendidikan, meningkatkan SDM dan inovasi di tiap desa,” katanya.

BACA JUGA: Pemda Bandung Barat Kembali Raih Predikat Opini WTP Secara Beruntun

Kang DS mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan internet gratis ini secara positif.

“Mudah-mudahan jika digunakan untuk belajar, mengakses informasi, dan hal positif lainnya, ini menjadi amal jariyah yang terus mengalir pahalanya. Semoga bermanfaat dan menjadi berkah untuk semua,” tutup Kang DS.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung, Yosep Nugraha, menambahkan bahwa Bewara DS merupakan komitmen Pemkab Bandung untuk menghadirkan layanan internet yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat tanpa perlu menggunakan password.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan