DPRD Jabar Teken Kerja Sama dengan DPRD Chungcheongnam-do Korsel

JABAR EKSPRES – DPRD Jabar mendorong peningkatan kerja sama luar negeri dengan Provinsi Chungcheongnam-do Republik Korea Selatan. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Jabar Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat, Rabu (22/05).

Hari itu, DPRD Jabar kedatangan tamu rombongan DPRD dari Provinsi Chungcheongnam-do Republik Korea Selatan. Rombongan terdiri dari Ketua DPRD Chungcheongnam-do, wakil ketua dan beberapa ketua komite.

Sebelum masuk ruang paripurna, rombongan turut disambut di selasar ruang rapat lantai dua gedung tersebut. Bandrek dan bajigur turut menjadi menu penyambut para wakil rakyat dari Negeri Gingseng itu.
Dalam kesempatan itu juga ada penandatanganan Record of Discussion (RoD). Sebuah kesepahaman untuk menjalin kerja sama di berbagai sektor.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Cimahi Tegaskan Komitmen ASN Menjelang Pilkada 2024

Taufik Hidayat mengungkapkan, penandatanganan itu menjadi salah satu langkah untuk memajukan dan memperluas kerja sama dua provinsi yang telah terjalin.

“Ini jadi momen berharga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Termasuk mempererat hubungan,” terangnya.

Sementara itu Ketua Parlemen Provinsi Chungcheongnam-do mengungkapkan, Pemprov Jabar dan Provinsi Chungcheongnam-do sebenarnya juga telah menjalin kerja sama cukup lama. Jawa Barat sedikit banyak memiliki kesamaan dengan Provinsi Chungcheongnam-do. Provinsinya menjadi salah satu pusat ekonomi dan industri, yang terkenal karena adanya perusahaan seperti Samsung dan Hyundai.

BACA JUGA: Warga dan Pengendara Keluhkan Jalan Rusak: Ada Kantor Kementerian PUPR Masa Diabaikan Gak Ada Perbaikan

“Kami senang, kunjungan ini untuk semakin membangun persahabatan. Semoga bisa hasilkan kerja sama aktif di berbagai bidang,” tuturnya.

Ketua Komisi I DPRD Jabar Bedi Budiman menambahkan, muatan kerjasama yang dibangun bisa dari berbagai bidang. Mulai dari persoalan ekonomi, sosial budaya, hingga kesenian.

“Bisa belajar bagaimana K-POP bisa mendunia dari Korea Selatan,” tuturnya.

BACA JUGA: Menghitung Hari, Cek Harga Tiket Konser CNBLUE di Jakarta

Menurut Bedi, yang utama dalam kerja sama luar negeri adalah mempertimbangkan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Kerja sama itu harus bersendikan memperbesar volume kerja sama antar warganya, jadi tidak hanya pemerintah dengan pemerintah,” cetusnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan