Pj Wali Kota Cimahi Tegaskan Komitmen ASN Menjelang Pilkada 2024

JABAR EKSPRES – Pentingnya Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024 di Kota Cimahi dipertegas untuk menegaskan komitmen ASN dalam menjalankan tugas secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pentingnya menjaga netralitas ASN dalam setiap pemilu merupakan fokus utama, mengingat keterikatan ASN pada sumpah jabatan dan peraturan yang mengatur perannya sebagai abdi negara.

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi mengatakan ASN dekat dengan kepentingan publik termasuk dalam pengelolaan anggaran dalam kepentingan publik.

BACA JUGA: Warga dan Pengendara Keluhkan Jalan Rusak: Ada Kantor Kementerian PUPR Masa Diabaikan Gak Ada Perbaikan

“Kita harus menjalankan fungsi ASN selaku pelayan publik melakukan kebijakan dan pemersatu bangsa dan mengedepankan tagline ASN berakhlak Bangga Melayani Bangsa,” ujar Dicky pada awak media di Gedung Techno Park pada, Rabu (22/5).

Dicky menegaskan, ASN harus berhati-hati terhadap dua hal yang dapat mempengaruhi netralitas mereka dalam pemilihan kepala daerah, karena hal ini dapat berdampak pada hasil pemilihan.

“Ada dua area yang menjadikan ASN itu harus bisa memperhatikan dengan seksama karena bisa menarik atau bisa mewujudkan pada satu hal sehingga ASN tidak netral dalam pemilukada,” tegasnya.

BACA JUGA: Satu DPO Kasus Vina Tertangkap, Pegi Alias Perong Diduga Ganti Identitas

Menurutnya, media sosial menjadi fokus perhatian penting bagi ASN dalam memperkuat persatuan bangsa.

“Karena sudah masuk ke media sosial dengan posting secara pribadi, atau memposting dengan yang lain yang tidak di sharing dahulu,” kata Dicky.

Dicky menegaskan kembali, jika terdapat ASN yang dicurigai tidak netral, penekanan akan diberikan pada tindakan administratif sesuai dengan hukum etika, mulai dari teguran hingga hukuman ringan atau berat sesuai prosedur yang berlaku.

“Kita akan mengedepankan secara aturan administratif yang menyangkut hukum etika berupa teguran, atau ada hukuman yang kategori ringan atau berat sesuai dengan aturan,” pungkasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan