Belum Ada Terminal di Wilayah Timur, Dishub Kabupaten Bandung Optimis Maksimalkan Layanan Lewat Konsep TOD Tegalluar

JABAR EKSPRES – Kabupaten Bandung masih optimis menyediakan layanan transportasi umum bagi masyarakat, yakni dengan upaya mewujudkan Transit Oriented Develompent (TOD).

Rencananya, TOD tersebut akan berdiri di wilayah Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, bertujuan dapat terintegrasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) serta Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung, Hilman Kadar mengatakan, pihaknya bersama Bupati Bandung, Dadang Supriatna terus mendorong terbangunnya Terminal Tipe A di wilayah timur, dengan opsi simpul transit lain yakni TOD Tegalluar.

“Pak Bupati juga mendorong ke kementerian juga untuk segera mewujudkan simpul layanan Terminal Tipe A di Kabupaten Bandung,” kata Hilman kepada Jabar Ekspres, Senin (20/5).

“Pembangunan itu kita harus melihat jangka panjangnya, memang salah satu rencana mewujudkan Terminal Tipe A, kalau tidak ada alternatif lagi Pemkab Bandung juga oleh pak Bupati sudah ada konsep TOD Tegalluar,” lanjutnya.

BACA JUGA: Lagi, Pembeli Keluhkan Perlakuan Emerald Tower Bandung

Melalui pantauan Jabar Ekspres, untuk transportasi umum moda angkot yang paling dekat dengan TOD Tegalluar saat ini, yakni bisa diakses dengan jarak sekitar 3 kilometer tepatnya di wilayah Cijawura, Kota Bandung.

Hilman mengklaim, nantinya tak hanya akses angkot saja, namun hingga armada bus pun akan terintegrasi jalurnya bisa langsung dengan TOD Tegalluar.

“TOD Tegalluar itu ada simpul terminal di sana, rencana itu menjadi langkah yang sedang dijalani oleh Kabupaten Bandung, utamanya untuk menjawab simpul terminal dengan adanya TOD Tegalluar,” bebernya.

Tak tanggung-tanggung, akses yang terintegrasi selain dengan transportasi umum angkot hingga kereta cepat, TOD Tegalluar pun rencananya dapat terkoneksi dengan Tol Cigatas.

Hilman menerangkan, upaya tersebut terus didorong guna menjadi solusi agar masyarakat mendapatkan layanan maksimal, dalam menggunakan transportasi umum.

BACA JUGA: Benarkah Aplikasi Wilmar Terbukti Bisa Menghasilkan Uang? Cek Faktanya

“Nantinya terkoneksi dengan kereta cepat, ada terminal juga, itu menjadi salah satu akses menuju Tol Cigatas. Salah satu upaya pak Bupati untuk mendorong ke tingkat pusat, agar terwujudnya TOD di Tegalluar,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan