Bahaya Sering Begadang Terhadap Kesehatan Jantung

JABAR EKSPRES – Begadang atau terjaga sepanjang malam hingga pagi, ternyata sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Salah satu penyakit yang potensial menyerang orang yang sering begadang adalah jantung koroner.

Karenanya sangat tidak dianjurkan jika terlalu sering begadang karena sangat bahaya, pasalnya tubuh memiliki jam aktifnya sendiri, dimana saat manusia tidur pada jam-jam tertentu khususnya malam hari ada beberapa organ yang aktif, sehingga jika tidak tidur maka akan mengganggu fungsi dari organ tersebut, salah satunya jantung.

Baca juga : Penyebab Penyakit Jantung dan Jenisnya yang Perlu Kamu Ketahui!

Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Sally Aman Nasution, membeberkan akta bahwa penyakit jantung kini bisa menyerang usia 40an.

“Hal ini karena adanya kebiasaan yang banyak dilakukan usia muda dan berisiko memicu serangan jantung,salah satu penyebabnya adalah begadang.” ujarnya.

Dia menambahkan, saat tubuh berjaga di jam yang seharusnya digunakan untuk tidur, hormon yang seharusnya turun dalam tubuh menjadi dominan.

Hal inilah yang bisa menyebabkan risiko darah tinggi, hingga berujung penyakit jantung.

“Hormonal seseorang itu ada hormon yang seharusnya turun beristirahat menjadi dominan. Adrenaline dan lain-lain harusnya turun saat orang istirahat, menjadi dominan,” jelas dr Sally.

Saat hormon-hormon tersebut dominan, otomatis tekanan darah menjadi tinggi, heart rate juga tinggi, kemudian bioritmik, biologi manusia yang sebetulnya dalam tanda kutip harusnya orang tidur, dia bangun.

Baca juga : Apa Itu ‘Angina’ yang Bisa Menjadi Tanda Awal Serangan Jantung? Ini Penjelasannya

“Ini yang menjadikan risiko untuk tidak hanya serangan jantung. Risiko penyakit metabolik juga jadi meningkat,” imbuhnya.

Hal ini membuktikan bahwa penyakit tidak selalu disebabkan oleh makanan saja,tapi juga pola hidup, dan kebiasaan yang tidak sehat.

Karenanya untuk ngurangi resiko terserang berbagai penyakit, sebaiknya mulai rubah kebiasaan begadang. Dan pastikan tubuh bisa beristirahat di waktu malam hari.

Hal ini untuk menjaga kesehatan dan mengurangi resiko menderita penyakit kronis membahayakan adalah rutin konsumsi minuman kesehatan yang disebutkan dalam Al Quran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan