Sering Digunakan dalam Berbagai Hidangan, Ketahui Manfaat Rosemary

JABAR EKSPRES – Salah satu jenis tumbuhan semak yang memiliki nama ilmiah Rosmarinus officinalis, merupakan tanaman Rosemary yang berasal dari wilayah Mediterania dengan berbagai manfaat penggunannya. Miliki daun yang kecil dan berbentuk jarum, jenis tumbuhan semak ini memiliki aroma yang khas dan kuat.

Rosemary telah lama digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, serta memiliki sejarah penggunaan dalam pengobatan tradisional karena sifat-sifatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Ketahui apa saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam tumbuhan tersebut, dan apa saja manfaat penggunaannya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam Rosemary

Rosemary mengandung sejumlah nutrisi penting yang memberikan manfaat kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi yang terbisa dalam rosemary meliputi:

  • Minyak Atsiri

Rosemary mengandung minyak atsiri yang kaya akan senyawa-senyawa aktif seperti cineole, camphor, dan borneol, yang memberikan aroma khas dan memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan antispasmodik.

  • Antioksidan

Rosemary mengandung sejumlah antioksidan seperti asam rosmarinat, asam kafeat, dan asam karnosat, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. 

BACA JUGA: Selain Bantu Turunkan Tekanan Darah, Ketahui Manfaat Lain Bunga Telang

  • Vitamin dan Mineral

Rosemary mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalsium, zat besi, dan magnesium.

  • Asam Lemak

Rosemary mengandung asam lemak esensial seperti asam oleat dan asam linoleat, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otak.

Manfaat Kesehatan Rosemary

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Rosemary telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dan daya ingat. Minyak atsiri dalam rosemary diyakini bisa meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi kelelahan mental.

  • Mengurangi Peradangan

Senyawa antiinflamasi dalam rosemary bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko penyakit radang kronis seperti arthritis, penyakit jantung, dan diabetes. 

BACA JUGA: 7 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan dan Ketahui Apa Saja kandungan Nutrisi Didalamnya

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Rosemary telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan seperti gas, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Senyawa-senyawa aktif dalam rosemary bisa membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan peradangan dalam saluran pencernaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan