Cairnya Bantuan Sosial BPNT Bulan Mei 2024, Cek Status Penerima Sekarang, Apakah Kamu Salah Satunya?

JABAR EKSPRES – Bulan Mei 2024 telah tiba, Masyarakat bertanya-tanya, kapan tepatnya pencairan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)  ini akan tersalurkan.

Untuk mengetahui status penerima dan jadwal pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Anda dapat melakukan login di cekbansos.kemensos.go.id. Saat ini sudah memasuki bulan kelima, Mei 2024, banyak yang ingin mengetahui kapan BPNT akan dicairkan.

Bagi yang belum familiar, BPNT adalah program bantuan langsung dari pemerintah yang dirancang khusus untuk membantu keluarga miskin yang terdaftar dalam Database Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Baca juga : Kabar Gembira! Pencairan BLT Mitigasi Risiko Pangan Sebesar Rp600.000 Siap Disalurkan

Program ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi keluarga yang kurang mampu. Keluarga yang terdaftar dalam DTKS Kemensos akan menerima bantuan berupa uang tunai senilai Rp200 ribu setiap bulannya melalui rekening Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Penyaluran bantuan ini biasanya dilakukan setiap dua bulan sekali. Untuk bulan April, Mei, dan Juni, bantuan akan disalurkan melalui Kantor Pos dengan besaran Rp 600 ribu, sedangkan untuk penyaluran melalui rekening KKS pada tahap keempat, bantuan sebesar Rp 400 ribu akan diterima pada bulan Mei dan Juni.

Bagi para penerima BPNT, mengetahui apakah mereka telah masuk dalam daftar penerima atau belum sangat penting. Untungnya, cek status penerima BPNT tahun 2024 kini sangat mudah dilakukan secara online.

Cara untuk mengecek apakah Anda termasuk dalam penerima BPNT 2024 cukup mudah. Anda dapat menggunakan ponsel atau gadget untuk melakukannya.

Langkah-langkah yang perlu diikuti adalah mengunjungi situs resmi Kementerian Sosial di cekbansos.kemensos.go.id, memasukkan detail alamat dan nama lengkap sesuai dengan KTP penerima, memasukkan kode captcha yang tertera, dan mengklik pilihan “Cari Data”.

Hasil pencarian akan ditampilkan di layar dan jika muncul keterangan “Ya”, maka itu menandakan bahwa status Anda sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT 2024.

Baca juga : Surat Perintah Pencairan Bansos BPNT Akhirnya Turun! Turun Saldo KKS Mulai Terisi Malam Ini??

Melalui situs tersebut, Anda juga dapat mengetahui status penyaluran bantuan, bukan hanya status sebagai penerima.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan