Antisipasi Kecurangan Selama PPDB 2024, Disdik Jabar Simpan Saber Pungli di Setiap Sekolah 

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menyiapkan serangkaian proses jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi tingkat SMA/K sederajat tahun ajaran baru 2024/2025. Demi aman dan lancar, Disdik Jabar juga telah menyimpan tim Saber Pungli di setiap sekolah untuk mengantisipasi kecurangan.

“Tim Saber Pungli akan ada di sekolah-sekolah untuk memantau atau memonitor selama porses PPDB (2024) ini berlangsung. Jadi kita (Disdik Jabar) akan berkoordinasi dengan Saber Pungli,” ujar Kepala Disdik Jabar, Wahyu Mijaya, Jum’at (10/5).

Tak hanya itu, Disdik Jabar juga memasang sejumlah pemberitahuan, diantaranya spanduk imbauan tidak ada pungutan liar (pungli).

BACA JUGA: Viral di Medsos Pembegalan Tukang Pijit di Cicalengka, Polisi Pastikan Hoax: Kecelakaan!

“Kalau ada tindakan-tindakan yang tidak sesuai, kita akan segera lakukan proses karena bisa jadi kesalahannya di administrasi atau ada keinginan jahat di situ,” katanya.

“Jadi itu akan kita proses dan kita lihat (jika terjadi dugaan kecurangan) apakah dari pihak sekolahnya atau pihak eksternal. Nah kalau pihak eksternal itu akan kita sesuaikan dengan bentuk kekeliruannya itu apa. Kalau memang mengarah ke pidana, itu akan kita lakukan,” sambungnya.

Maka dari itu, agar proses ini bisa berjalan lancar, Wahyu menuturkan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dari setiap tahapan PPDB.

“Kami (Disdik) akan terus mengawal setiap prosesnya seperti administrasinya benar, dan juga mengawal panitia PPDB itu melakukannya dengan benar. Tidak ada pungli atau hal lain untuk kepentingan pribadi,” ucapnya

Selain itu, ia juga menghimbau kepada seluruh pihak yang terlibat dalam PPDB tahun ini untuk terus mendukung agar seluruh tahapan berjalan dengan baik, bersih, dan transparan.

“Jangan ada intervensi dengan segala kekuatan atau apapun karena kita ingin setiap anak mendapatkan pendidikan dengan haknya. Jadi siapapun baik orang tua atau pihak-pihak manapun mohon dukung kami,” pungkasnya

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mewanti-wanti agar selama pelaksana PPDB 2024 harus dilakukan secara transparan dan tidak ada titip-titipan siswa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan