6 Beasiswa Kuliah Tahun 2024: Cek Jadwal dan Persyaratannya!

JABAR EKSPRES – 6 beasiswa kuliah 2024 yang dibuka 2024, cek jadwal dan syaratnya. Impian untuk melanjutkan pendidikan dengan beasiswa tentu menjadi dambaan banyak calon mahasiswa.

Bagi calon mahasiswa atau yang ingin melanjutkan pendidikan tentu telah menunggu informasi mengenai beasiswa kuliah 2024.

Berita baik bagi mereka, sejumlah beasiswa kuliah tahun 2024 sudah siap membuka pendaftarannya. Nah, inilah 6 beasiswa kuliah 2024 yang dibuka 2024, cek jadwal dan syaratnya, ya.

Program Beasiswa Unggulan

Salah satu kabar gembira datang dari Kemendikbudristek dengan peluncuran Program Beasiswa Unggulan 2024. Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang S1, S2, dan S3 dengan kuota mencapai 1000-2000 mahasiswa.

Beasiswa 2024 tersebut terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

  1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi
  2. Beasiswa Pegawai Kementerian
  3. Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas

Baca juga : Daftar Universitas Negeri di Bandung dan Jurusannya Tahun 2024

Syarat Umum

  1. Memiliki sertifikat prestasi akademik/non-akademik tingkat nasional/internasional.
  2. Rekomendasi dari institusi terkait.
  3. Tidak sedang menerima beasiswa serupa dari sumber lain.
  4. Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama.
  5. Diterima di perguruan tinggi terakreditasi paling rendah B dan pada program studi terakreditasi paling rendah B (dalam negeri) atau diakui Kemendikbudristek (luar negeri).
  6. Beasiswa hanya berlaku untuk kelas reguler.
  7. Komitmen untuk mempertahankan IPK minimal 3,00 (S1) atau 3,25 (S2/S3).
  8. Kemampuan Bahasa Inggris dengan skor minimal pada tes seperti ITP/PBT, PTE Academic, TOEFL IBT, atau IELTS.

Syarat Khusus

Pusat Layanan Pendidikan dan Pengembangan Kepribadian (Puslapdik) bersama Badan Bahasa sejak tahun 2022 menjadikan Sertifikat UKBI (Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia) menjadi salah satu persyaratan Beasiswa Unggulan.

Persyaratan ini berlaku bagi para pelamar yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Sertifikat UKBI menjadi bukti standar kemampuan berbahasa Indonesia yang dibutuhkan sebagai salah satu komponen penting dalam seleksi penerimaan beasiswa.

Sertifikat ini diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek.

Beasiswa Kominfo

Tahun 2024 juga menyediakan Beasiswa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Program ini dirancang untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika. Pastikan untuk memeriksa persyaratan dan jadwalnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan