Tokoh Non Kader Ramaikan Penjaringan Calon Kepala Daerah PDIP

JABAR EKSPRES – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jabar ancang – ancang untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Salah satunya dengan membuka penjaringan sejumlah tokoh yang akan diusung dalam perebutan kursi baik di tingkat provinsi atau kota kabupaten itu.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengungkapkan, ada ratusan tokoh yang ikut penjaringan untuk bisa diusung sebagai calon kepala daerah di Jabar. “Total itu ada sekitar 147 orang, kami masuk tahap fit and proper test,” katanya.

Ono melanjutkan, dalam penjaringan di tingkat Kota Kabupaten, tidak sedikit kandidat incumbent yang mendaftar. Termasuk kader internar dan bahkan tokoh non kader PDIP.

BACA JUGA: Kendalikan Inflasi, DPKP Kota Bandung Masih Andalkan Buruan SAE

Justru yang mendaftar penjaringan itu kebanyakan tokoh dari eksternal atau non kader. “Ada sekitar 70 persen yang non kader. Jadi banyakan non kader yang mendaftar,” sambungnya.

PDIP tentu akan menyaring para tokoh tersebut. Mereka akan diperiksa rekam jejak dan kapasitasnya. Hingga nanti diputuskan siapa yang akan diusung.

Di tingkat provinsi, sejumlah kader internal PDIP juga mencuat dalam radar calon Gubernur. Di antaranya, Ono Surono, Mantan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Ineu Purwadewi Sundari, TB Hasanuddin, hingga Rieke Diah Pitaloka.

Selain melakukan penjaringan, PDIP Jabar juga tengah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik. Langkah itu untuk penjajakan peluang koalisi untuk pilkada 2024.

PDIP masih membuka peluang koalisi dengan seluruh partai politik. Penjajakan koalisi yang dibangun juga tidak hanya tingkat provinsi. Tapi juga untuk kota kabupaten.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan