Bantu Tingkatkan Fungsi Ginjal, Ketahui Manfaat Lain dari Tumbuhan Kumis Kucing

JABAR EKSPRES – Kumis kucing atau yang memiliki nama latin Orthosiphon aristatus, merupakan jenis java tea yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, tumbuhan ini diketahui tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Tumbuhan ini memiliki daun yang memiliki bentuk menyerupai kumis kucing, yang merupakan asal nama tanaman ini. Kumis kucing telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan. 

Ketahui apa saja kandungan nutrisi yang tersedia dalam tumbuhan kumis kucing, dan apa saja manfaat kesehatan dari konsumsi jenis tumbuhan tersebut.

Kandungan Nutrisi dalam Kumis Kucing

  • Flavonoid

Tumbuhan ini mengandung flavonoid seperti sinensetin dan eupatorin, yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh.

  • Tanin

Kandungan tanin dalam kumis kucing memberikan efek astringen yang dapat membantu meredakan peradangan dan menghentikan pendarahan.

  • Mineral

Tumbuhan ini mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, magnesium, dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang, otot, dan jantung. 

BACA JUGA: LINK DANA KAGET 2 Mei 2024, Klaim Saldo DANA Gratis Ratusan Ribu Rupiah Didalamnya!

  • Vitamin

Kumis kucing juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C dan vitamin B kompleks, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Asam Amino

Kumis kucing mengandung asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.

Manfaat Kesehatan Kumis Kucing

  • Meningkatkan Fungsi Ginjal

Jenis tumbuhan ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu meningkatkan fungsi ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.

  • Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kumis kucing memiliki efek hipotensi, atau penurunan tekanan darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung. 

BACA JUGA: Menjaga Kesehatan Kulit, Ketahui Manfaat Lain Konsumsi Buah Sirsak

  • Membantu Mengurangi Kadar Gula Darah

Kumis kucing dapat membantu mengurangi kadar gula darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Antiinflamasi

Kandungan tanin dan flavonoid dalam kumis kucing memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan