ASN Aktif Ramai Nyalon di Pilkada KBB 2024

JABAR EKSPRES – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2024, tampaknya miliki daya tarik bagi sejumlah mantan birokrat dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Buktinya, bukan hanya tokoh masyarakat, kepala desa ataupun mantan bupati dan wakil bupati Bandung Barat saja yang meramaikan. Namun, mantan Sekda, kepala dinas, dan ASN aktif pun kini memilih banting setir terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati.

Bahkan ASN aktif yang menduduki jabatan eselon II ini sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon di sejumlah partai politik yang membuka proses penjaringan.

Dari belasan calon bupati, 2 nama mantan birokrat dan 1 ASN aktif saat ini berebut restu dari partai agar dapat melenggang maju di Pilkada KBB. Mereka ialah, Asep Sodikin, Asep Ilyas, dan Hassanudin yang menyatakan niatnya maju dalam kontestasi lima tahunan itu.

BACA JUGA: Sepanjang Tahun 2024, Kota Bandung Penyumbang Kasus DBD Tertinggi

Asep Sodikin punya latar belakang mentereng sebagai birokrat. Ia sebelumnya merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat di era Bupati Aa Umbara Sutisna dan Hengky Kurniawan.

Lalu nama lainnya yakni Asep Ilyas, yang juga berasal dari lingkungan yang sama dengan Asep Sodikin. Bedanya, Asep Ilyas merupakan mantan bawahan Asep Sodikin, yang menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia (BKPSDM) KBB.

Sementara, Hassanudin berstatus ASN aktif, saat ini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bandung Barat.

“Dokumen fisik pendaftaran dan fakta integritas sudah saya serahkan,” kata Asep Sodikin saat dihubungi, Kamis 2 Mei 2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pilihan Asep Sodikin untuk maju sebagai bakal calon Pilkada KBB 2024.

“Saya tidak datang ke kantor partai, pendaftarannya secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh DPP PKB,” katanya.

Berbeda dengan Asep Sodikin. Asep Ilyas sudah mengikuti penjaringan di lima partai yakni Partai Demokrat, PAN, PDIP, PKB, hingga Partai NasDem.

“Saya jalin silaturahmi dengan semua partai, untuk penjaringan juga sesuai mekanisme. Ini bentuk keseriusan saya untuk mengabdikan diri bagi Bandung Barat,” kata Asep Ilyas baru-baru ini.

Tinggalkan Balasan