Pemkab Bandung Lepas 2.955 Calon Jemaah Haji di Masjid Al Fathu Soreang

JABAR EKSPRES  – Pemerintah Kabupaten Bandung melepas 2.955 calon jemaah haji asal di Masjid Al Fathu Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Selasa (30/4/2024).

Dalam pelepasan ini, para jemaah haji sebelumnya juga melaksanakan bimbingan manasik haji massal II tingkat Kabupaten Bandung tahun 1445 Hijriah/2024 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan para calon jemaah haji harus bisa saling memaafkan sebelum berangkat, baik itu kepada suami istrinya, maupun keluarga dan tetangganya.

BACA JUGA: Raih PTN Impianmu dengan 3 Tips Lolos UTBK SNBT 2024!

“Sehingga pada saat berangkat ke Tanah Suci Mekkah Arab Saudi betul-betul dalam kondisi suci, bersih, pikiran, hati tidak ada sesuatu kendala apapun,” ujar Dadang dalam sambutannya.

Dadang menambahkan, sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah, jemaah belajar terlebih dulu manasik haji agar betul-betul dipahami.

Baik itu rukunnya haji, sunnah haji, bagaimana melaksanakan wukuf di Arafah serta mabit, dan melontar jumroh, tawaf, sa’i, agar bisa dilaksanakan secara sempurna.

BACA JUGA: Jelang Masa Purna Tugas, Ini Pesan Sekda Burhanudin untuk ASN Kabupaten Bogor

“Tentunya bimbingan haji yang sudah ada ini, KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) betul-betul bisa memberikan pemahaman sebelum berangkat ke Tanah Suci. Ibadah haji ini ibadah fisik, tentu harus dijaga kesehatan dan memperhatikan pola makan, kesiapan olahraga rutin setiap hari harus dilakukan,” ujar Kang DS sapaan akrabnya.

Kang DS mengungkapkan, Pemkab Bandung sendiri sudah memberikan perhatian khusus kepada para calon jemaah haji asal Kabupaten Bandung.

“Pada saat keberangkatan nanti, kita siapkan bis untuk para calon jemaah haji. Kepulangan juga kita siapkan bis. Termasuk kita juga kasih bekal, walaupun tidak besar,” katanya.

BACA JUGA: May Day 2024: 5.000 Buruh Jabar akan Gelar Aksi di Jakarta

Kang DS turun mendoakan kepada para calon jemaah haji tetap sehat, panjang umur dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.

“Kembali ke Tanah Air menjadi dan mendapatkan gelar haji yang mabrur dan mabruroh. Aamiin yra,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan