13 Pemukim Yahudi Ditahan Karena Memasukkan Kambing ke Kompleks Al-Aqsa untuk Ritual Keagamaan

JABAR EKSPRES – Pada hari Senin (22/4), sejumlah pemukim Yahudi, yang diawal-awali oleh polisi Israel, secara paksa memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Secara bersamaan, tentara yang bersenjata berat memperketat langkah-langkah keamanan di pintu gerbang yang menuju Kota Tua, dalam antisipasi terhadap panggilan ekstremis untuk ritual pengorbanan selama Paskah Yahudi.

Dilaporkan sekitar 172 pemukim mengakses masjid melalui Gerbang Mughariba, terlibat dalam ritual Talmudik di tempat itu.

Kelompok-kelompok yang terkait dengan Gerakan Bait Suci mendorong pengikutnya untuk melakukan insiden besar-besaran ke Masjid Al-Aqsa pada malam menjelang Paskah Yahudi, dengan tujuan melakukan ritual pengorbanan pada tanggal dua puluh tiga bulan itu.

Baca juga: Sapi Merah Betina Siap Disembelih, Hamas Keluarkan Pers Rilis

Selama beberapa tahun terakhir, kelompok-kelompok ini semakin melakukan praktik keagamaan di dalam kompleks, termasuk peniupan terompet, penyajian persembahan tanaman, dan melakukan doa, dengan pengorbanan dianggap sebagai puncak dari kegiatan-kegiatan ini yang bertujuan untuk menegakkan “Bait Suci” di lokasi masjid.

Tahun ini, kelompok “Returning to the Temple Mount” menawarkan insentif keuangan, dengan hadiah hingga 50.000 shekel untuk pelaksanaan pemotongan binatang dalam kompleks Al-Aqsa.

Otoritas Israel menahan 13 pemukim yang mencoba menyelundupkan kambing ke dalam kompleks, termasuk satu yang disembunyikan dalam kereta bayi dan satu lagi yang disembunyikan dalam tas belanja.

Polisi Israel menekankan pentingnya untuk tidak mendukung elemen ekstremis yang berupaya melanggar hukum dan ketertiban.

Meskipun kelompok Kembali ke Bait Suci mengajukan permintaan tahunan untuk ritual tersebut, otoritas secara konsisten menolaknya karena kekhawatiran tentang mengubah status quo situs keagamaan dan memprovokasi ketegangan regional.

Insiden serupa terjadi tahun lalu sebelum Paskah, yang menyebabkan bentrokan antara pemukim Yahudi dan jamaah Muslim di situs suci tersebut.

Politisi Israel Yitzhak Pindrus baru-baru ini mendorong orang Yahudi untuk melakukan pengorbanan dan mengonsumsinya di dalam Kota Tua pada malam yang sama.

Baca juga: Penjajah Israel Menyerbu Masjid Al-Aqsa dan Melakukan Ritual di Hari Pertama Paskah Yahudi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan