Belasan Ribu Calon Jamaah Haji Asal Jabar akan Berangkat dari Bandara Kertajati

JABAR EKSPRES – 13.200 calon Jamaah haji asal Jawa Barat dipastikan berangkat melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jabar Faiz Rahman menyebut, dalam pemberangkatan belasan ribu calon jamaah haji ini, nantinya akan dilakukan secara bertahap dengan pembagian sebanyak 30 kloter.

“Total jemaah yang akan berangkat dari Bandara Kertajati (BIJB) itu terdiri dari 13.050 orang, dan ditambah dengan petugas sekitar150 orang. Jadi Bandara Kertajati secara total akan melayani 30 kloter penerbangan (calon jamaah haji),” ujarnya, Kamis (25/4).

BACA JUGA: Bobol Kotak Amal Masjid di Cileunyi, Pencuri Gondol Rp1 Juta

Faiz menambahkan, calon jamaah haji yang berangkat melalui Kertajati ini juga hanya yang berasal dari daerah Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan, Subang, dan Sumedang.

Nantinya sebelum keberangkatan, para calon jamaah haji ini juga kata Faiz, akan dikumpulkan terlebih dahulu di Asrama Haji yang berlokasi di Indramayu. Sehingga untuk pemberangkatan dibagi menjadi dua gelombang.

“Untuk gelombang satu, itu akan berangkat sebanyak 12 kloter, dan gelombang ke dua sekitar 18 kloter. Sementara untuk keberangkatan, itu akan dilakukan satu kloter per harinya,” imbuhnya.

Sementara itu, disinggung terkait total calon jamaah haji asal Jabar yang akan berangkat tahun ini, Faiz menuturkan bahwa jumlahnya ada sekitar 38.723 orang dan kuota tambahan sebanyak 1.478. Namun Dia menyebut, total calon jamaah haji asal Jabar yang akan berangkat, yakni sekitar 40.201 orang.

“Dari data total pemberangkatan jemaah haji di Jawa Barat yang akan berangkat akan ada sebanyak 40.201 orang,” tuturnya. (San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan