Harga Beras Medium di Kota Cimahi Turun Jadi Rp12 Ribu per Kilogram

JABAR EKSPRES – Harga beras kualitas medium di Kota Cimahi telah mengalami penurunan. Harga beras turun dari Rp16.000 menjadi Rp12.000 per kilogram.

Pedagang beras bernama Asep Suryadi (58) mengakui penurunan terjadi  untuk semua jenis beras di pasaran.

“Hanya saja pada beras kualitas medium penurunan yang terjadi cukup terlihat jelas dari segi harga,” ucapnya pada Jabar Ekspres di Pasar Atas, Kamis 24 April 2024.

“Stok beras sendiri untuk saat ini dalam kondisi yang aman,” lanjutnya.

Menurutnya, permintaan beras menurun ketika harga juga turun. Hal ini disebabkan oleh panen raya saat ini dan keberadaan lahan pertanian di kampung halaman para pembeli.

“Jadi ketika kemarin mereka mudik ketika balik lagi mungkin, sebagian besar mereka membawa beras dari kampung halaman baik sebagai oleh oleh maupun bekal di perantauan. jangan salah,” paparnya.

BACA JUGA: Bertemu dengan Elit Golkar dan Gerindra, Suhendrik: Hanya Obrolan Biasa

Stok beras kemasan 5 kilogram tersedia saat ini dalam jumlah yang mencukupi. Harga jualnya adalah Rp70.000 rupiah per bungkus atau setara dengan Rp14.000 rupiah per kilogram.

Asep meminta pemerintah untuk terus memperhatikan masalah pangan guna mencegah lonjakan harga seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

“Tolong terus di perhatikan masalah pangan agar tidak melonjak seperti tahun tahun kemarin,” tandasnya.

Sementara itu menurut salah seorang pembeli beras, Wahyu Kusuma (42), mengatakan saat ini, harga beras Rp12.000 rupiah per kilogram ini sudah terjadi sebelum Hari Raya Lebaran.

Ia meminta perhatian  dari pemerintah untuk mencegah lonjakan harga seperti yang terjadi sebelumnya.

“Tolong terus diperhatikan masalah pangan agar tidak melonjak seperti tahun-tahun kemarin,” pinta Wahyu. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan