Prosesor Misterius Huawei Pura 70 Terungkap, Pakai Kirin 9010

JABAR EKSPRES – Huawei telah meluncurkan ponsel flagship terbarunya Pura 70 series yang menggantikan seri P, tetapi kali ini dengan penggunaan prosesor yang tetap misterius.

Perusahaan tampaknya memilih untuk tidak mengungkapkan banyak detail tentang spesifikasi chip yang digunakan dalam seri Pura 70 ini.

Baca juga : Mana yang Terbaik? Xiaomi HyperOS atau Samsung One UI

Namun, informasi tentang hasil benchmark prosesor tersebut telah bocor sebelumnya, dan chip yang digunakan adalah Kirin 9010.

Berdasarkan data dari benchmark Geekbench, Kirin 9010 dilengkapi dengan CPU 8 core, tetapi dikenal sebagai chip dengan 12 core karena adopsi hyperthreading.

Teknologi ini sebelumnya juga ditemukan pada Kirin 9000 yang digunakan dalam seri Mate 60, dan sekarang kembali hadir pada Kirin 9010.

Meskipun spesifikasi prosesor Kirin 9010 telah terungkap, Huawei tetap tidak mencantumkan dukungan 5G untuk ponsel ini secara eksplisit.

Namun, menurut pengakuan seorang pembeli yang dikutip dari Reuters, kecepatan internet yang diperoleh dari ponsel ini setara dengan kecepatan 5G, meskipun tidak disebutkan secara langsung.

Kehadiran Kirin 9010 membawa peningkatan kinerja yang cukup signifikan dibanding pendahulunya, Kirin 9000, baik dalam hal kinerja single core maupun multi core, meskipun peningkatannya hanya dalam skala satu digit.

Baca juga : Huawei Pura 70 Series Resmi Meluncur, ini Spesifikasi dan Harganya

Sementara itu, konfigurasi core CPU Kirin 9010 mencakup sebuah core Taishan Big 2,3GHz, tiga core Taishan Mid 2,18GHz, dan empat core Cortex-A510 1,55GHz. GPU yang digunakan adalah Maleoon 910 dengan kecepatan 750MHz.

Kehadiran teknologi 5G yang terselubung dan peningkatan kinerja yang signifikan membuat seri Pura 70 menjadi perbincangan yang menarik, meskipun rincian lainnya tetap menjadi misteri.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan