Doa Minta Hidayah dari Allah dan Selalu Istiqomah di Jalan Allah

JABAR EKSPRES – Hidayah merupakan satu hal yang sering diminta umat Muhammad kepada Rab-nya. Hidayah ini merupakan petunjuk yang bisa membuat seorang yang tadinya berjalan dalam kesesatan menjadi taubat. Lalu seperti apa doa minta hidayah dan istiqomah.

Dalam artikel ini bisa didapatkan rangkaian doa untuk minta hidayah dari allah dan juga meminta istiqomah dalam kebenaran.

Doa-doa ini sebaiknya selalu dipanjatkan, karena hidayah harus selalu kita minta pada Allah. Agar setiap hari kita bisa menjalani hidup dengan petunjuk yang datangnya dari Allah.

Baca juga : 5 Cara Meraih Hidayah dari Allah, Agar Semakin Dekat Menuju Surga

Hidayah juga bisa datang melalui banyak hal, namun semua hal tersebut berjalan atas kehendak dari Allah.

Dikutip dari Rumaysho, dalam salah satu hadis menyebutkan, bacaan doa untuk meminta hidayah, sebagai berikut:

وَعَنْ عَلِيٍّ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ: قَالَ لِي رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : قُلْ : اللَّهُمَّ اهْدِنِي ، وَسَدِّدْنِي

وَفِي رِوَايَةٍ : (( اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الهُدَى وَالسَّدَادَ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku: “Ucapkanlah: ALLOHUMMAH-DINII WA SADDIDNII (artinya: Ya Allah, berilah aku hidayah dan berilah aku kebenaran).”

Dalam riwayat lain disebutkan, “ALLOHUMMA INNI AS-ALUKAL HUDAA WAS SADAAD (artinya: Ya Allah, aku meminta kepada-Mu hidayah dan kebenaran).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2725]

Itulah bacaan doa untuk meminta hidayah dari Allah,Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan bahwa meminta hidayah (as-alukal huda) di sini adalah hidayah berupa petunjuk dan bimbingan, berarti berupa pengajaran.

Baca juga :  Ciri-ciri yang Tampak Pada Orang yang Mendapatkan Hidayah

Sedangkan meminta as-sadaad adalah meminta istiqamah dan pertengahan dalam berbagai urusan. Maksudnya kita meminta kepada Allah agar diberi taufik senantiasa berada dalam kebenaran untuk setiap perkara.

Intinya doa ini berisi permintaan yang sangat penting yang dengan keduanya bila diperoleh akan mendapatkan keburuntungan dan kebahagiaan, yaitu yang diminta dalam doa adalah al-huda (hidayah petunjuk) dan as-sadaad (istiqamah di atas kebenaran).

Meminta kepada Allah petunjuk berarti kita meminta agar diberi petunjuk kebenaran secara global dan terperinci, juga diberi taufik untuk mengikuti kebenaran tersebut secara lahir dan batin.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan