Komeng Ikut Pilkada Banjar, Darah Politik Mengalir dari Sang Kakek

JABAR EKSPRES – Dr. (Cand.) Sulyanati, SH MSi MKn yang akrab disapa Komeng dikabarkan akan ikut dalam pencalonan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Banjar November 2024 mendatang.

Profil sosoknya bahkan telah berseliweran di chat Whatsapp baik dari personal maupun grup-grup obrolan. Tak hanya itu, foto baliho pria yang lahir dan besar di Kota Banjar ini sudah tersebar di lingkungan masyarakat

Berikut sepenggal profil Komeng atau Sulyanati yang melalui pesan obrolan:

Sulyanati menamatkan pendidikan dasar di SD Inpres Cikabuyutan II yang kini berganti nama SDN 5 Hegarsari Kota Banjar.

Kemudian Menempuh pendidikan menengah pertama di SMPN 2 Banjar; dan menyelesaikan Pendidikan menengah atas di SMEAN Banjar (SMKN 1 Banjar). Meski S1 Fisipol selesai, jenjang S1 Ilmu Hukum diselesaikannya di Fakultas Hukum Universitas Galuh hingga tamat.

BACA JUGA: Cegah Potensi Naiknya Angka Pengangguran, Disnaker Cimahi Minta Warga Tak Ajak Sanak Saudara Setelah Mudik Lebaran 2024

Selanjutnya jenjang pascasarjana (S2) ditempuh di FISIPOL Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dalam program Administrasi Kebijakan Publik. Jenjang S2 lainnya diselesaikan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada Magister Kenotariatan.

Saat ini sedang menyelesaikan Disertasinya sebagai Kandidat Doktor Ilmu Hukum di Unsoed Purwokerto.

Berasal dari keluarga sederhana, lahir dari seorang ibu rumah tangga dan ayah seorang PNS golongan biasa di sebuah instansi pemerintah kala itu bernama Dinas Perkebunan Ciamis. Darah politik mengalir dari sang Kakek (dari garis Ayah), Ahmad Suara, seorang keturunan kaum padri, sekaligus salah seorang tokoh berpengaruh di Partai Sarekat Islam yang kemudian fusi menjadi PPP (Partai Persatuan Pembangunan) di Ciamis.

Sang kakek tercatat sebagai anggota DPRD Ciamis di era tahun 1970-an,menggunakan bendera partai berbasis Islam. Meski demikian, kehidupan keluarganya sangat demokratis. Terbukti, dirinya sendiri berhaluan Nasionalis.

Kepiawaiannya dalam berpolitik dan berdiplomasi semakin kentara saat berada di bangku kuliah. Dirinya aktif dalam berbagai kegiatan internal maupun eksternal kampus.

BACA JUGA: Jadwal Majelis Taklim Masjid Agung TSB Tanggal 2-23 April 2024

Tercatat sebagai Ketua Senat Fakultas Hukum dan Jaringan Mahasiswa Indonesia (JMI) pada masa itu. Aktivitas sebagai jurnalis pernah diembannya selain juga aktif sebagai aktivis reforma agraria.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan