Cara Menghindari Kenaikan Berat Badan Berlebihan Paska Lebaran

JABAR EKSPRES – Setelah lebaran Idul Fitri, banyak orang mengeluhkan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Hal ini cukup mengganggu penampilan hingga banyak yang mencari cara untuk menghindari kenaikan berat badan paska lebaran.

Tidak mengherankan jika banyak orang mengalami kenaikan berat badan paska lebaran, mengingat saat lebaran banyak makanan enak disajikan.

Apalagi jika bersilaturahmi ke sanak saudara, maka setiap keluarga yang dikunjungi selalu menyajikan berbagai menu lebaran yang berbeda dab tentunya sangat sayang jika tidak dinikmati.

Sementara tidak semua menu yang disajikan saat lebaran merupakan menu sehat. Mengingat menu lebaran kebanyakan mengandung berbagai macam lemak dan bahkan cara pengolahannya

juga tidak selalu benar.

Baca juga : Jenis Diet untuk Menurunkan Berat Badan, Cek di Sini!

Oleh karena itu, menghindari kenaikan berat badan setelah perayaan Idul Fitri bisa menjadi tantangan, terutama dengan banyaknya konsumsi makanan enak yang tersedia.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengendalikan berat badan setelah lebaran.

1. Kembali Atur Porsi Makan

Cobalah untuk mengendalikan ukuran porsi saat makan. Hindari makan berlebihan dengan memperhatikan seberapa banyak makanan yang Anda makan di setiap waktu makan.

2. Pilih Makanan dengan Bijak

Pilih makanan yang lebih sehat dan rendah kalori selama periode setelah perayaan. Prioritaskan makanan yang tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.

3. Hindari Makanan Olahan dan Gorengan

Batasi konsumsi makanan olahan dan gorengan yang tinggi lemak jenuh dan kalori. Pilih cara memasak yang lebih sehat seperti merebus, memanggang, atau mengukus.

4. Perhatikan Asupan Gula

Hindari kue kering manis, minuman manis dan makanan pencuci mulut yang tinggi gula. Pilih opsi yang lebih rendah gula atau konsumsi dengan porsi yang lebih kecil. Agar kenaikan berat badan tidak terjadi.

Baca juga : 10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Cepat Gemuk: Tips Santai untuk Wujudkan Resolusi Menurunkan Berat Badan 2024

5. Jaga Aktivitas Fisik

Tetap aktif secara fisik dengan berolahraga secara teratur. Berjalan-jalan, bersepeda, atau berenang bisa menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori ekstra.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan