Terapkan One Way saat Arus Balik, Contra Flow Tetap Dilakukan dengan Pengamanan Lebih Ketat

JABAR EKSPRES – Menyambut arus balik Lebaran 2024, rekayasa lalu lintas kembali akan dilakukan oleh Polri agar kemacetan di ruas tol dapat terurai. Direncanakan, pihaknya akan melakukan one way dari Tol Kalikangkung KM 414 hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek) KM 72.

Selain itu, polisi juga akan melakukan contra flow di Tol Japek KM 72 hingga KM 47 walaupun ada kecelakaan maut di KM 58 beberapa waktu silam.

“Penerapan contra flow ini sudah sudah sesuai dengan standar internasional, yakni memperhitungkan aspek V/C ratio lalu lintas. Jika rasio V/C lebih dari 0,80, maka contra flow layak dilakukan,” ucap Irjen Aan Suhanan, Kakorlantas Polri, kepada wartawan pada Jumat, 12 April 2024.

Berdasarkan prediksi dari Jasa Marga, Rasio V/C akan berada di angka 0,96. Jika tidak dilakukan rekayasa lalu lintas, rasio tersebut akan berada di angka 1,16. Maka dari itu, rekayasa lalu lintas haruslah dilakukan.

BACA JUGA: Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka Lagi, Hanya 10 Jam dan Satu Arah

”Nanti ada beberapa perbaikan, terutama terkait dengan safety, keselamatan, kita akan memberikan reflektor, nanti dari arah contraflow maupun dari arah yang jalur seharusnya,” terangnya.

Nantinya, jarak antar cone di lapangan akan ditingkatkan dari 20 meter menjadi 10 meter. Kemudian, akan ada petugas gabungan (polisi dan Jasa Marga) yang akan ditempatkan di setiap medan.

”Kita akan kawal dari 72 sampai 47 ya, setelah itu akan dikawal kembali. Ini untuk memelihara kecepatan di contra flow yang maksimal hanya 60 KM/jam saja ya. Itu beberapa upaya yang kita lakukan,” ucapnya.

“Kemudian untuk kendaraan penyelamatan derek dan sebagainya ini akan diperbanyak di ruas-ruas contra flow, sehingga kecepatan untuk menangani gangguan maupun kecelakaan di posisi rekayasa lalu lintas ini akan lebih cepat lagi,” lanjutnya. (*)

BACA JUGA: Mobil Grand Max yang Terlibat Kecelakaan di Tol Japek KM 58 Ternyata Travel Gelap

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan