Miscrosoft Uji Coba Chatbot AI di Xbox, Agar Bisa Komunikasi dengan Karakter Animasi 

JABAR EKSPRES – Microsoft akan menyuntikkan kecerdasan buatan (AI) ke dalam konsol game Xbox mereka, setelah sebelumnya sukses mengintegrasikannya ke Bing Search dan Microsoft Office.

“Kami sedang menguji Agen Virtual Dukungan Xbox, purwarupa karakter animasi internal yang dapat dihubungi untuk pertanyaan seputar Dukungan Xbox, baik melalui suara maupun teks,” ungkap Haiyan Zhang, General Manager Gaming AI di Xbox.

Microsoft menjelaskan bahwa karakter animasi ini akan mengambil informasi dari halaman Dukungan Xbox yang sudah ada, dan kemudian memberikan jawaban atas pertanyaan dari para pemain.

BACA JUGA : Lupa Kata Sandi HP? Begini Cara Mengatasinya!

Chatbot AI ini juga disebut mampu memproses pengembalian dana untuk game yang dibeli. Namun, Microsoft belum mengumumkan tanggal peluncuran layanan ini.

Langkah ini menandai strategi Microsoft dalam memasukkan AI ke dalam produknya. Sebelumnya, Microsoft telah meningkatkan kemampuan AI di mesin pencari Bing dan produk Office-nya berkat investasi dan kemitraannya dengan OpenAI.

Kini, Microsoft akan mengembangkan chatbot yang tidak hanya menjawab pertanyaan, tetapi juga mampu melakukan lebih banyak lagi. Bahkan, diklaim bahwa pengembangan AI ini akan melampaui teknologi AI generatif Copilot.

Sebelumnya, Microsoft telah mengisyaratkan tentang produk ini. CEO Microsoft Satya Nadella sebelumnya telah menjelaskan tentang penggunaan AI berbasis suara untuk membantu pengguna, dan perusahaan juga telah memperlihatkan teknologi yang mampu merangkum informasi dengan cepat.

Kehadiran AI diharapkan dapat membantu Xbox bersaing dengan PlayStation 5 Pro yang kabarnya akan dirilis tahun ini.

Di sisi lain, Microsoft AI Copilot Pro telah hadir di Indonesia. AI generatif ini dirancang untuk menjadi mitra kerja bagi para profesional di berbagai bidang, seperti pengembang perangkat lunak dan desainer grafis.

Dengan menggunakan teknologi AI canggih, Copilot Pro memberikan saran dan rekomendasi cerdas dalam proses pengembangan produk dan kreativitas.

Salah satu fitur unggulan dari AI Copilot Pro adalah kemampuannya dalam menganalisis dan memahami konteks kerja pengguna. Dengan mempelajari pola kerja dan preferensi pengguna, Copilot Pro dapat memberikan saran relevan secara real-time.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan