Musik dan Gangguan Kepribadian Borderline: Sebuah Studi Baru Menemukan Kaitan yang Menarik

Para peneliti menemukan bahwa partisipan dengan tingkat keparahan gejala gangguan kepribadian ambang yang lebih tinggi menunjukkan preferensi yang berbeda untuk beberapa jenis musik. Terutama, individu yang menunjukkan keparahan gejala yang lebih tinggi menunjukkan preferensi untuk genre musik yang reflektif dan kompleks, seperti klasik atau jazz, sementara menunjukkan minat yang kurang terhadap genre musik yang intens dan pemberontak seperti heavy metal atau punk.

Keparahan gejala gangguan kepribadian ambang juga berkaitan signifikan dengan bagaimana individu menilai fungsi musik. Secara khusus, ditemukan bahwa semakin parah gejala ambang kepribadian, semakin sedikit individu menghargai musik karena kemampuannya untuk mendorong kesadaran diri dan ikatan sosial.

Para peneliti juga menguji bagaimana fungsi psikologis musik bertindak sebagai mediator dalam hubungan antara gejala ambang dan preferensi musik.

Mereka menemukan bahwa fungsi-fungsi ini sebagian menjelaskan mengapa individu dengan keparahan gejala kepribadian ambang yang lebih tinggi lebih memilih atau kurang menyukai genre musik tertentu.

Secara khusus, studi ini menyarankan bahwa nilai yang berkurang pada musik untuk kesadaran diri dan keterkaitan sosial di antara mereka dengan gejala ambang yang lebih tinggi mengarah pada penurunan preferensi untuk musik yang intens dan pemberontak.

“Kami telah menunjukkan bahwa keparahan gejala gangguan kepribadian ambang erat terkait dengan jenis musik yang disukai,” kata Lawendowski kepada PsyPost. “Fungsi musik mungkin sebagian membentuk preferensi musik dalam kelompok ini (yaitu, preferensi musik merupakan respons terhadap kebutuhan psikologis internal).”

Studi ini memiliki beberapa keterbatasan, termasuk ketergantungan pada ukuran yang dilaporkan sendiri dan kurangnya pertimbangan terhadap pengaruh terapi yang sedang berlangsung pada preferensi musik peserta.

Penelitian masa depan dapat menguntungkan dari pendekatan longitudinal, mempertimbangkan variabel seperti tingkat stres dan dampaknya pada hubungan yang berkembang antara gejala kepribadian ambang dan preferensi musik.

“Penelitian ini dilakukan selama pandemi COVID-19, sehingga kami tidak dapat melakukan dalam formula yang paling tepat bagi kami,” kata Lawendowski. “(Kami ingin mendapatkan lebih banyak data tentang peserta.) Saya pikir layak untuk melakukan studi longitudinal yang akan memungkinkan menjawab pertanyaan tentang bagaimana fungsi musik dapat menjelaskan efektivitas terapi musik (dan dengan demikian, juga respons peserta terhadap terapi musik).”

Tinggalkan Balasan