Kapan Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2024 1 Syawal 1445 H, Ini Penjelasan dari Kemenag

JABAR EKSPRES – Ramadhan sudah hampir selesai dan Syawal sudah menunggu didepan mata. Berakhirnya Bulan Ramadhan selalu timbul pertanyaan di masyarakat Indonesia, kapan Hari Raya Idul Fitri, karena pelaksanaan hari raya yang satu ini di Indonesia  sering kali berbeda-beda waktunya.

Namun untuk tahun ini banyak yang memprediksi pelaksanaannya akan serentak dan sama di semua daerah.

Namun penetapan kapan tibanya perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal biasanya akan ditetapkan melalui sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian agama.

Baca juga : Lebaran Idul Fitri 2024 Versi BMKG, BRIN, dan Muhammadiyah

Untuk tahun 2024, Seperti tahun-tahun sebelumnya, penetapan 1 Syawal juga diputuskan melalui sidang isbat oleh Kementerian Agama yang mengundang beberapa lembaga yang berkepentingan.

Meski sudah ada satu ormas yakni Muhammadiyah yang menyatakan penetapan 1 Syawal 1445 Hijriyah jatuh pada Rabu 10 April 2024.

Namun pemerintah tetap akan menggelar sidang isbat terlebih dahulu untuk mengetahui posisi ketinggian hilal apakah sudah masuk bulan Syawal atau belum.

Sidang Isbat sendiri akan dilaksanakan pada Selasa, 9 April 2024, atau pada 29 Ramadan 1445 H,  yang akan bertempat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Pelaksanaan sidang Isbat ditanggal tersebut semakin menambah keyakinan masyarakat bahwa pelaksanaan sholat ied  akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Baca juga : Dilakukan Sebelum Shalat Idul Fitri, Ketahui Apa Itu Zakat Fitrah

Hal ini juga diperkuat oleh pendapat Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki yang menyebutkan bahwa hari Raya Idul Fitri diprediksi jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

“Dengan kondisi seperti itu insyaAllah di Hari Raya Idul Fitri akan diselenggarakan secara bersama-sama bagi seluruh umat muslim di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Juga ada prediksi dari lembaga lain yang menyebutkan hal yang sama, yakni lebaran akan jatuh pada 10 april, seperti dari BRIN atau BMKG.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan