Urai Kemacetan Cigombong-Cicurug, Strategi One Way Diberlakukan

JABAR EKSPRES – Arus mudik lebaran tahun 2024 di Sukabumi sudah mulai terasa. Hal itu seiring dengan volume kendaraan yang masuk dari arah Jakarta menuju wilayah Sukabumi.

Namun sayang, pemudik yang menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda empat atau lebih, tak bisa menikmati Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak pasca longsornya jalan di KM 64 pada beberapa waktu lalu.

Lumpuhnya akses Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak, otomatis membuat para pemudik dari arah Jakarata menuju Sukabumi menggunakan akses jalan Cigombong.

Kendati nyaris semua kendaraan menggunakan akses Cigombong untuk menuju Sukabumi, berbagai alternatif telah dipersiapkan untuk mengurai kemacetan. Seperti yang dilakukan pada Sabtu, 6 April 2024 malam. Polres Sukabumi menggelar kegiatan one way sebagai bagian dari persiapan menghadapi arus mudik Lebaran.

“Sampai saat ini, situasi sangat lancar. Kami waktu tadi melintas kecepatan dari Barat Timur, Timur Barat itu bisa pada kecepatan 40 km hingga 60 km per jam,” ujar Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Fierky Pradana, Sabtu (6/4) malam.

BACA JUGA: Imbas Longsor Tol Bocimi, Ini Rekayasa Lalu Lintas dan Jenis Kendaraan yang Bisa Melintas

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit tersebut, pihaknya berhasil mengurai kemacetan arus lalu lintas dari mulai exit Tol Cigombong-Cicurug sampai memasuki wilayah Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

“Hanya saja tempat kemacetan terjadi di Pasar Cicurug, tapi itu bukan tidak bisa direkayasa. Tadi dengan kekompakan semua instansi kota berhasil melakukan one way dan hasilnya terbukti cair (ampuh),” jelasnya.

Ia juga menegaskan, hal itu semata dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama kepada pemudik yang masuk ke wilayah Sukabumi.

“Nanti ada di titik yang mengalami kepadatan kemacetan. Kita dari ospam dan posyan terdekat, pos terpadu atau pun dari polres akan bergerak untuk mengurai kemacetan tersebut,” tutupnya. (Mg9)

BACA JUGA: Imbas Longsor Tol Bocimi, DBMPR Jabar Siapkan Jalur Alternatif

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan