Selama Mudik Lebaran, BPBD KBB Siagakan Personel di 2 Wilayah Rawan Bencana

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB), menyiagakan sejumlah personel untuk membantu penanganan darurat selama arus mudik Lebaran 2024 berlangsung.

Plt Kalak BPBD KBB, Meidi mengatakan, sedikitnya ada dua pos pengamanan (Pospam) yang menjadi titik personil BPBD bersiaga. Dua Pospam itu di Kecamatan Lembang, dan Padalarang.

“Personil BPBD turut dilibatkan, kita berjaga dimulai dari H-7 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri,” kata Meidi saat dihubungi, Minggu (7/4/2024).

BACA JUGA: Akses Jalan ke Stasiun Kereta Cepat Tegalluar Rusak Parah, Padahal Statusnya Sudah Jadi Jalan Kabupaten

Menurut Meidi, BPBD Bandung Barat akan berjaga di Pos PAM 24 jam penuh selama 14 hari. Selain bentuk kesiapsiagaan, hal ini juga dapat mempermudah masyarakat untuk melapor jika terjadi bencana.

“Petugas bisa merespon cepat menjadi first responder untuk melakukan asesmen. Penangananya mungkin nanti tapi minimal ketika ada laporan kejadian atau ada potensi bencana, kami sudah melakukan upaya-upaya penanganan awal atau asesmen atau kaji cepat,” katanya.

Ia menambahkan, petugas BPBD selama berjaga dibekali peralatan, diantaranya mesin pemotong kayu, sekrup, tali, dan perlengkapan kebencanaan lainnya.

“Cuaca kita lihat masih ada curah hujannya, karena itu petugas dilengkapi peralatan. Jika ada hal yang urgent, petugas bisa langsung menangani dengan cepat,” katanya.

BACA JUGA: H-3 Lebaran Harga Bahan Pokok Naik, Disdagin Bandung: Tidak Terlalu Signifikan

“Kami selalu berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca. Terutama difokuskan di Lembang karena pasca lebaran ataupun mungkin sebelum lebaran ini akan menjadi titik wisata,” sambungnya.

Lebih dari itu, keberadaan anggota BPBD dalam Operasi Ketupat Lebaran 2024 di KBB ini juga bisa untuk membantu pengamanan selama libur Hari Raya Idul Fitri.

“Setiap hari ada delapan orang untuk melakukan jaga posko, di posko Lembang dan Padalarang,” ujarnya.

Oleh karena itu, Meidi menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas mudik untuk selalu berhati-hati serta selalu mewaspadai kondisi cuaca dan jalur yang hendak dilalui.

BACA JUGA: Mudik 2024 : H-3 Lebaran, Volume Kendaraan di Nagreg Meningkat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan