Manfaatkan Mudik Gratis, Masyarakat Kota Bandung Padati Terminal Cicaheum

JABAR EKSPRES – Pemudik mulai memadati Terminal Cicaheum untuk memanfaatkan progam Mudik Gratis yang diselenggarkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub), Sabtu 6 April 2024.

Bukan hanya di Cicaheum Bandung, Program Mudik Gratis ini dilakukan secara serentak di 4 Terminal lainya seperi salah satunya di Jati Jajar Depok.

“Tahun ini kami dari Pemprov Jabar mengadakan kegiatan Mudik Gratis bagi masyarakat. Nah ini kita laksanakan di 4 Terminal yaitu Terminal Jati Jajar Depok, Cileungsi Bogor, Leuwipanjang Bandung, dan Cicaheum Bandung. Satu lagi adalah keberangkatan besok taggal 7 (April), yaitu dari Terminal Giwangan dengan tujuan Kota Bandung dan Kuningan,” ucap Kabid Pengembangan Transportasi Dishub Jabar, Dhani Gumelar saat ditemui di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu (6/4).

Dalam Program ini, Dhani menambahkan bahwa sedikitnya Dishub Jabar menyediakan sekitar 70 armada bus untuk mengantar para pemudik yang memanfaatkan program ini.

“Ada 70 bis yg kita sediakan dari berbagaimacam PO. Dan total pemudik yang mengikuti program iniada sekitar 2.900 dengan rata-rata tujuan ke Yogyakarta – Solo dan lokal Sukabumi – Tasik. Tapi rata-rata paling banyak ke Yogyakarta, dan yang paling jauh ke Merak, karena kita juga ada rute ke Merak (Banten),” katanya

Dhani mengatakan, dalam Mudik Gratis tahun ini, animo masyarakat dinilai cukup tinggi dibandingkan tahun lalu. Bahkan hal itu kata dia, bisa dilihat dengan habisnya tiket yang disediakan.

“Animo masyarakat cukup tinggi karena begitu kita buka online, itu langsung penuh seperti salah satunya tujuan ke Solo dan Jogja. Tapi ini masih ada sisa untuk mudik lokal seperti ke Sukabumi dan Tasikmalaya yang baru 50 persen. Jadi masyarakat silakan dibuka di website kami sampai besok. Karena masih tersisa 150 tiket lagi,” ungkapnya

Maka dengan adan adanya programnya ini, Dhani berharap Pemprov Jabar khususnya Dishub bisa terus memfasilitasi masyarakat yang ingin pulang ke kampung halamannya. “Mudah-mudahan tahun depan kita fasilitasi untuk balik juga,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan