Pj Gubernur Jabar Sebut Menteri PUPR Upayakan Tol Bocimi Sudah Bisa Dilalui dalam Waktu Dekat

JABAR EKSPRES – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin, menyebut jalan amblas di Kilometer (Km) 64 arah Sukabumi Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), dipastikan dapat digunakan kembali pada hari Senin atau Selasa pekan depan.

Hal itu diungkapkan Bey, setelah mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, saat meninjau ke lokasi kejadian pada Jum’at (5/4) pagi tadi.

“Terima kasih Kementerian PUPR atas respon cepat, karena ini (bertepatan) pada arus mudik lebaran, di mana akan banyak kepadatan arus lalu lintas. Tapi Pak Menteri (Basuki Hadimuljono) menyampaikan bahwa akan diupayakan hari Senin atau Selasa (Tol Bocimi) dibuka kembali. Jadi itu kabar baik bagi kami,” ujarnya.

BACA JUGA: Dinkes KBB Siagakan Ratusan Nakes di Jalur Mudik Lebaran

Bey menambahkan, agar Tol Bocimi dapat segera digunakan kembali, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR termasuk juga pihak pengelola Tol Bocimi.

“Mengingat Bocimi ini menjadi salah satu ruas tol yang bisa mengurai kepadatan arus mudik. Dan kita ketahui juga arus mudik itu akan lebih banyak dari Jakarta menuju Sukabumi. Sehingga di lapangan akan berkoordinasi lagi. Dan ini hanya mobil kecil saja, truk tidak boleh lewat,” pungkasnya

Sebelumnya, Pemprov Jabar langsung merespon peristiwa jalan amblas yang terjadi di Kilometer (KM) 64 Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) arah Sukabumi, pada Rabu, 3 April 2024 malam kemarin

BACA JUGA: Basuki Ungkap Skema Tol Bocimi Seksi 2 Bisa Digunakan Mudik Lebaran, Kendaraan Ini Jadi Prioritas! 

Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar, Herman Suryatman mengatakan, dengan adanya peristiwa tersebut pemerintah akan mengantensi kepada pihak pengelola jalan tol untuk segera melakukan pengecekan ulang terkait dengan kesiapan jalur.

“Ini (jalan amblas di Tol Bocimi) menjadi atensi kami di Pemprov bagaimana jalur-jalur yang beresiko tidak hanya Bocimi, tapi Cisumdawu, termasuk yang lain yang berada di wilayah Jabar ini harus di cek atau kroscek. Apalagi sekarang menjelang hari raya (Idul Fitri) karena keselamatan Pemudik itu yang paling utama,” ucapnya saat ditemui di Gedung Sate Bandung, Kamis (4/4) kemarin.(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan