Besaran Uang dan Beras Zakat Fitrah di Kabupaten Bandung 2024, Ini Info dari Baznas

JABAR EKSPRES – Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Bandung telah menetapkan besaran nilai zakat fitrah untuk tahun 2024 ini, baik dalam bentuk uang atau beras, pada Jumat (16/2/2024).

Dilansir dari laman BAZNAS Kabupaten Bandung, besaran zakat fitrah yang telah ditetapkan sebesar 2,5 kg beras dan jika diuangkan, jumlah tersebut setara dengan Rp40 ribu per orang.

Penetapan tersebut diungkapkan dalam rapat di aula BAZNAS Kabupaten Bandung yang dipimpin oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Bandung, KH. Yusuf Ali Tontowi.

Menurut H. Yusuf, keputusan ini didasarkan pada harga rata-rata beras yang ditetapkan oleh Dinas Perdagangan dan Industri Pemkab Bandung.

“Dinas terkait di Pemkab Bandung mengeluarkan harga beras di pasar-pasar yang ada lalu kita ambil disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Kapan Bayar Zakat Fitrah Ramadhan 2024? Ini Waktu Terbaik Membayar Zakat

Penetapan jumlah zakat fitrah ini diharapkan dapat menjadi panduan awal bagi UPZ kecamatan, UPZ desa/kelurahan, masjid Jami, dan organisasi-organisasi Islam lainnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua I BAZNAS Kabupaten Bandung, H. Jamjam Erawan, Wakil Ketua 2 H. Abdul Rauf, Wakil Ketua 3 H. Dudi Abdul Hadi, Wakil Ketua 4 H. Sarnapi, serta Satuan Audit Internal (SAI).

BACA JUGA: Ketahui Cara Pembayaran dan Manfaat dari Zakat Maal

Selain itu, juga hadir perwakilan dari organisasi-organisasi Islam di Kabupaten Bandung seperti PC NU, PD Muhammadiyah, Persis, PUI, DMI, Mathla’ul Anwar, dan LDII.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan