PDIP Buka Pendaftaran untuk Cabup di Pilkada Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai membuka pendaftaran untuk penjaringan kandidat yang akan diusung di Pilkada serentak di Bandung Barat.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bandung Barat, Iwan Ridwan mengatakan, pendaftaran untuk penjaringan ini dibuka sejak 3 April 2024. Sementara batas penjaringan akan dilakukan sampai 20 April 2024.

“Bisa langsung daftar di kantor DPC PDIP Bandung Barat, para pendaftar langsung mengisi formulir yang disediakan,” kata Iwan saat dihubungi, Kamis 4 April 2024.

Menurutnya, penjaringan akan dilakukan secara terbuka. Semuanya bisa mendaftar, baik kader PDIP mau pun tidak.

Selain itu, penjaringan balon bupati sesuai surat instruksi DPP PDIP No 6027 dan surat Intruksi DPD PDIP Jawa Barat Nomor 2986.

BACA JUGA: Satpol PP KBB: Puluhan Baliho Balonbup Bandung Barat Ilegal

“Pendaftaran ini bersifat terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya,” bebernya.

Diterangkannya, formulir pendaftaran bakal calon bupati Bandung Barat bisa diambil masing-masing atau diwakili dengan membawa surat mandat atau surat tugas dari bakal calon.

“Tapi dalam penyerahan formulir sekaligus pendaftaran tidak bisa diwakilkan harus bersangkutan yang datang,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika di KBB tidak ada satu partai pun bisa mengusungkan calonnya sendiri, maka semua partai harus koalisi.

“Inilah yang menjadi salah satu alasan kami untuk melakukan penjajakan dan komunikasi intens dengan partai lain yang sama-sama memiliki platfom dan tujuan sama,” terangnya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada, Baliho Balon Bupati Bandung Barat Mulai Bermunculan

Diakui Iwan, beberapa partai politik sudah memberikan sinyal kuat untuk berjuang bersama-sama. Bahkan, ada beberapa tokoh balon Bupati Bandung Barat sudah melakukan komunikasi dengan PDIP untuk segera ikut mendaftar sebagai kontestan Pilkada 2024.

Dengan demikian, sambung dia, hal tersebut merupakan kesempatan baik bagi siapapun untuk ikut proses pemillihan Bupati Bandung Barat melalui PDIP.

“Kami berharap dengan proses ini bisa memberikan kesempatan yang luas dan nantinya melahirkan generasi kepemimpinan Bandung Barat yang terbaik. Kami melakukan proses pendaftaran dan penjaringan, selanjutnya DPD dan DPP lah akan menyaring sekaligus memutuskan calon bupati yang akan diusung PDI Perjuangan dengan partai koalisi,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan