Jelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Miras Hasil Operasi Pekat

JABAR EKSPRES – Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil pelaksanaan Operasi Keselamatan dan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dalam rangka cipta kondisi menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah.

Pemusnahan ini dilaksanakan di kawasan Alun Alun Ciamis, Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa 3 April 2024.

Pemusnahan barang bukti ini dipimpin langsung oleh Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Akmal, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya, Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Afiid Cahyono, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis Dra. Hj. Soimah, Kepala Pengadilan Negeri Ciamis, dan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Ciamis.

AKBP Akmal menyampaikan, hari ini dilaksanakan pemusnahan barang bukti hasil Operasi Keselamatan dan Operasi Penyakit Masyarakat selama ramadan dan sebelum ramadan. Ini bagian dari pada upaya Polri menjaga kondusifitas wilayah selama ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah.

“Barang bukti yang kami musnahkan meliputi 1.002 botol miras berbagai merek dan jenis, 177,7 gram ganja kering, psikotropika 619 butir, sediaan farmasi 10.927 butir, dan Jamu berbagai merek 45 saset. Itu semua hasil dari pelaksanaan Operasi Pekat Lodaya 2024 tingkat Polres Ciamis,” kata AKBP Akmal.

“Kami juga turut memusnahkan 719 knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis hasil dari Operasi Keselamatan Lodaya 2024 yang kita laksanakan. Ini kami musnahkan dengan cara dilindas menggunakan stom berbarengan dengan ribuan botol miras. Sedangkan barang bukti psikotropika dan ganja hingga jamu saset dimusnahkan dengan cara dibakar,” kata AKBP Akmal menambahkan.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan penindakan segala bentuk penyakit masyarakat dan potensi gangguan kamtibmas lainnya akibat keberadaan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis.

Ini bertujuan agar terciptanya kondusifitas wilayah selama ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah.

“Kita tidak akan henti disini. Pihaknya akan terus melakukan penindakan segala bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. Kami berharap semua dapat bersama menjaga kondusifitas, sehingga semua merasa nyaman dan aman saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah,” kata AKBP Akmal. (CEP)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan